Analisis Hukum Pidana Islam terhadap tindak pidana menawarkan dan menyediakan tempat untuk melakukan perjudian : studi terhadap putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/PID.B/2019/PN KDL

Rijal, Hima Ainun (2020) Analisis Hukum Pidana Islam terhadap tindak pidana menawarkan dan menyediakan tempat untuk melakukan perjudian : studi terhadap putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/PID.B/2019/PN KDL. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402026076_Hima_Ainun_Rijal] Text (SKRIPSI_1402026076_Hima_Ainun_Rijal)
1402026076_HIMA AINUN RIJAL_LENGKAP - ainun rijal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perjudian merupakan tindak pidana yang sangat sering dijumpai di lingkungan sekitar. Perjudian juga tidak memandang usia, baik anak-anak, orang dewasa sampai orang tua kerap kali kita jumpai melalui kabar berita. Perbuatan judi merupakan perbuatan terlarang, sehingga pelaku harus mencari tempat khusus untuk melakukan perjudian. Adapun kasus yang terjadi di Kendal sebagaimana digambarkan dalam putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl, perbuatan pelaku hanyalah menawarkan dan menyediakan tempat, artinya pelaku tidak melakukan perbuatannya, melainkan hanyalah menyediakan dan menawarkannya. Al-Qur’an maupun hadits juga secara umum tidak disinggung terkait tindakan menawarkan dan menyediakan tempat untuk melakukan perjudian sebagaimana digambarkan dalam putusan Pengadilan Negeri Kendal tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, fokus penelitian ini akan menjawab permasalan sebagai berikut: 1) Bagaimana Tindak Pidana Menawarkan dan Menyediakan Tempat untuk Melakukan Perjudian dalam Putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl ? 2) Bagaimana Analisis Hukum Pidana Islam terhadap Tindak Pidana Menawarkan dan Menyediakan Tempat untuk Melakukan Perjudian dalam Putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan doctrinal, dimana data yang digunakan diperoleh dari sumber data sekunder dengan bahan hukum primer yaitu putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl. Adapun bahan hukum pelengkap yaitu data yang digunakan sebagai pendukung dalam penelitian skripsi ini. Analisis yang digunakan adalah deskriptif analitik.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah 1) Bahwa tindak pidana menawarkan dan menyediakan tempat untuk melakukan perjudian sebagaimana dalam putusan Pengadilan Negeri Kendal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl, menurut hukum pidana Indonesia, perbuaatan terdakwa diatarur dalam Pasal 303 Ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman pidana berupa pidana penjara paling lama sepuluh tahun atau pidana denda paling banyak dua puluh lima juta rupiah. Adapun sanksi yang oleh hakim yaitu pidana penjara 11 bulan. Adapun dalam menafsirkan hukum, hakim dalam putusan yang penulis teliti menggunakan penafsiran gramatikal (taatkundige interpretative). Hal ini dapat diketahui dari pertimbangan-pertimbangan hakim yang menjelaskan unsur-unsur pasal dalam penggunaan dan mengartikan kata dalam unsur tersebut. 2) Bahwa tindak pidana menawarkan dan meneyediakan tempat untuk melakukan perjudian sebagaimana digambarkan dalam putusan Pengadilan Negeri Kenal Nomor 29/Pid.B/2019/Pn Kdl, dalam hukum Islam merupakan jarīmah ta’zīr, karena perbuatan tersebut tidak diatur secara eksplisit dalam syara’ beserta hukumannya. Pelaku tindak pidana sebagaimana dalam putusan, menurut hukum pidana Islam telah memenuhi kriteria unsur-unsur pertanggungjawaban pidana, sehingga pelaku dapat dikenai hukuman. Adapun hukumannya adalah hukuman ta’zīr berupa kurungan penjara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengadilan negeri; ta’zīr; judi.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:29
Last Modified: 12 Feb 2022 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics