Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad mudharabah mutlaqah produk tabungan pendidikan di BRS Bina Finansia Semarang

Alaudin, Yahya (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap akad mudharabah mutlaqah produk tabungan pendidikan di BRS Bina Finansia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402036018_YAHYA_ALAUDIN] Text (SKRIPSI_1402036018_YAHYA_ALAUDIN)
SKRIPSI_1402036018_YAHYA_ALAUDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tabungan Pendidikan di BPRS Bina Finansia adalah tabungan dengan akad Mudharabah Mutlaqah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan di masa datang. Pada Akad mudharabah mutlaqah ini nasabah penabung sebagai pemodal tidak berhak ikut campur mengatur dalam pengelolaan modal yaitu BPRS yang mengelola modal, tanpa campur tangan pihak shahibul maa/ penabung. Nishbah bagi hasil dan penarikan dana tabungan nasabah dapat diambil setiap bulan Juni s/d Agustus dan Oktober s/d Desember. Semestinya berdasarkan fatwa DSN MUI 2017 dalam akad mudharabah mutlaqah tidak dibatasi jenis usaha, jangka waktu dan tempat usaha. Dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dalam konsep operasional perbankan syariah untuk penghimpunan dana dengan menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah untuk salah satu dari ketentuan umum produk ini adalah tabungan mudharabah dapat diambil setiap saat oleh penabung sesuai dengan perjanjian yang disepakati, namun tidak diperkenankan mengalami saldo negative. Berdasarkan latar belakang tersebut timbul permasalahan tentang pelaksanaan akad mudharabah mutlaqah produk tabungan pendidikan di BPRS Bina Finansia Semarang.
Jenis pendekatan penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang peristiwa yang terjadi di BPRS Bina Finansia Semarang sehingga dalam mengumpulkan data-datanya menggunakan metode pengumpulan data observasi lapangan, dan wawancara. Berdasarkan metode dalam penelitian hukum. Peneliti mengambil metode deskriptif yakni orientasinya berdasarkan gambaran ilustrasi tentang kelebihan dan kekurangan hukum. Sedangkan jenis penelitian hukum menggunakan normative empiris, yakni untuk mengetahui implementasi ketentuan hukum normative (undang-undang) dalam aksinya pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam akad mudharabah mutlaqah produk tabungan pendidikan di BPRS Bina Finansia Semarang.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka disimpulkan bahwa tabungan di BPRS Bina Finansia Semarang sudah sesuai syarat dan rukun yang ditetapkan pada ranah akad mudharabah mutlaqah, namun disatu sisi lain dalam penarikan tabungan pendidikan di BPRS Bina Finansia Semarang dapat dilakukan mulai bulan Juni s/d Agustus dan Oktober s/d Desember. Artinya, nasabah ada pembatasan waktu tertentu dalam penarikan dana. Akan tetapi melihat fatwa DSN MUI 2017 dalam akad mudharabah mutlaqah adalah akad mudharabah yang tidak dibatasi jenis usaha, jangka waktu, dan tempat usaha. Dan konsep operasional perbankan syariah dari OJK untuk penghimpun dana dengan menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah untuk salah satu ketentuan umumnya adalah tabungan mudharabah dapat diambil setiap saat oleh penabung sesuai dengan perjanjian yang disepakati, namun tidak diperkenankan mengalami saldo negative. Seharusnya di BPRS Bina Finansia dalam penarikan dana tabungan jika sudah dikelola dan mendapat hasil, seharusnya juga tidak ditentukan pembatasan waktu dalam penarikan dana. Dengan adanya kecacatan pada syarat maka akad mudharabah tersebut menjadi fasakh atau rusak. Walaupun demikian tidak membatalkan akad mudharabah pada tabungan pendidikan di BPRS Bina Finansia Semarang, akad mudharabah tetap sah, sebab rukun dalam pelaksanaanya seseuai dan terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah; Akad mudharabah mutlaqah; Tabungan pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:04
Last Modified: 03 Dec 2021 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics