Tinjauan hukum Islam tentang jual beli obat racikan di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal

Ayuningrum, Rizky (2021) Tinjauan hukum Islam tentang jual beli obat racikan di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1402036033_Rizky_Ayuningrum] Text (Skripsi_1402036033_Rizky_Ayuningrum)
Skripsi_1402036033_Rizky_Ayuningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal banyak terjadi jual beli obat racikan dan salah satunya berada di Apotek Djava Farma yang terletak di Jalan Bahari No. 31, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Di Apotek tersebut dijual belikan obat racikan, yaitu obat yang dikemas dalam suatu wadah plastik berupa klip dengan beberapa jenis obat didalamnya yang dibungkus pada plastik kecil yang berisikan beberapa butir obat yang pada kemasannya tidak bertuliskan atau mencantumkan informasi apapun. Padahal dalam Undang – Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 pasal (1) menyatakan bahwa pelaku usaha harus mencantumkan informasi-informasi yang seharusnya dicantumkan pada bungkus obat tersebut, juga dalam pasal (3) sediaan farmasi (obat) dilarang diperdagangkan tanpa informasi secara lengkap dan benar. Begitu juga dalam islam, jual beli hendaknya tidak mengandung unsur-unsur yang tidak diperbolehkan, salah satunya yaitu unsur Jahalah (Ketidakjelasan) yang bisa merugikan salah satu pihak yang melaksanakan akad jual beli. Berdasarkan latang belakang tersebut, maka dapat dirumuskan. Pertama, bagaimana praktik jual beli obat racikan di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal ? dan kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli obat racikan di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal?
Penelitian ini termasuk jenis adalah penelitian non doktrinal atau Yuridis Sosiologis, dimana objek penelitian difokuskan pada praktik jual beli obat racikan di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, kemudian peneliti mencoba untuk mendeskripsikan serta menganalisis praktik tersebut dengan menggunakan pendekatan normatif, dengan mengacu pada ketentuan fikih muamalah. Pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan yang dihimpun melalui observasi, tanya jawab bebas (wawancara), dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis-deskriptif.
Penelitian ini menyimpulkan. Pertama, praktik jual beli obat racikan yang ada di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dilakukan oleh Apoteker/Asisten Apoteker yang sudah memiliki Surat Izin Praktek Apoteker, Surat Tanda Registrasi Apoteker, dan Surat Izin Apotek. Apotek/Apoteker meracik obat sesuai dengan keluhan yang diutarakan oleh pembeli/konsumen/pasien yang datang ke Apotek tersebut dengan meracik beberapa jenis obat yang dijadikan satu dalam wadah klip tanpa memberikan informasi/keterangan lengkap pada kemasan. Kedua, di tinjau dari segi hukum islam, praktik jual beli obat racikan yang ada di Apotek Djava Farma Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal diperbolehkan karena telah memenuhi rukun dan syarat sah jual beli. Adapun dalam praktik jual beli obat racikan tersebut juga sesuai dengan prinsip manfaat karena memberikan manfaat berupa kesembuhan dan tidak terjadinya efek samping bagi pembeli terlepas dari tidak adanya informasi yang jelas dalam kemasan, karena jika kurang jelas informasinya bisa ditanyakan mendetail kepada pihak Apotek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Obat racikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:15
Last Modified: 03 Dec 2021 01:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics