Tinjauan hukum Islam terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi return dan refund di Tokopedia : studi kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2021

Rohmah, Siti Latifatur (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi return dan refund di Tokopedia : studi kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402036070_SITI_LATIFATUR_ROHMAH] Text (SKRIPSI_1402036070_SITI_LATIFATUR_ROHMAH)
SKRIPSI_1402036070_SITI_LATIFATUR_ROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dengan berkembangnya bisnis e-commerce Tokopedia, tidak dapat dipungkiri masih terdapat berbagai permasalahan, seperti pelanggaran kontrak atau barang yang diterima konsumen tidak sesuai dengan pesanan, sulitnya pengembalian barang dan membutuhkan waktu yang lama. Jika refund disebabkan oleh pembatalan transaksi, banyak konsumen yang akan mengeluh proses refundnya lambat, sulit, dan tidak bisa mendapatkan respon. Meski regulasi tentang transaksi elektronik sudah ada, namun pelaksanaannya masih jauh dari harapan. Penyelesaian kasus sub-optimal juga cenderung mengabaikan hak konsumen, dan masih banyak kasus yang belum terselesaikan karena konsumen enggan mempertanyakannya. Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah upaya perlindungan hukum konsumen dan hukum Islam dalam transaksi return dan refund di Tokopedia (Studi Kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2021)?
Penelitian ini mendasarkan pada penelitian hukum yang dilakukan dengan pendekatan fenomenologi dan yuridis normatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yang berupa: pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konsep (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian: Pertama, upaya perlindungan konsumen di Tokopedia terfokuskan pada pengembalian barang (return) dan pengembalian dana (refund). Jika terjadi kesalahan terhadap barang yang diterima, konsumen bisa memanfaatkan platform Tokopedia untuk berkomunikasi dan melakukan pengembalian barang serta mengembalikan dana pembeli. Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen sebagian besar aturan telah sesuai, namun masih terdapat aturan lain yang belum sesuai yaitu terkait dengan mekanisme pengembalian barang dan dana, dimana masih banyak konsumen yang memilih tidak melakukan pengembalian dengan alasan mekanismenya yang sulit dan ribet. Kedua, Transkasi di Tokopedia telah sesuai dengan prinsip dalam muamalah yaitu dilakukan atas dasar sukarela dan tanpa paksaan. Karena pengguna dan Tokopedia sudah menyetujui syarat & ketentuan yang berfungsi sebagai bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah. Selain itu transaski pada Tokopedia diatur dalam persyaratan penggunaan layanan umum untuk menghindarkan adanya akses negatif konsumen sebagai salah satu persyaratan yang diajukan kepada konsumen. Hal ini sebagaimana prinsip muamalah yakni segala jenis kegiatan muamalah yang dilakukan harus mendatangkan manfaat dan menghindarkan kemudharatan. Perlindungan hak konsumen dalam transaksi pada Tokopedia pada dasarnya telah sesuai, dimana terdapat hak khiyār. Yang terkandung didalamnya hak khiyār syarat, khiyār rukyat, dan khiyār aib yaitu dalam pengembalian barang (return) dan juga pengembalian dana (refund).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Perlindungan konsumen; Return; Refund; Toko online; E-commerce
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:53
Last Modified: 03 Dec 2021 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics