Analsisis hukum ekonomi syariah terhadap jual beli diamond pada game online Mobile Legend Bang Bang

Mirza, Faris (2020) Analsisis hukum ekonomi syariah terhadap jual beli diamond pada game online Mobile Legend Bang Bang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1402036140_Faris_Mirza] Text (Skripsi_1402036140_Faris_Mirza)
Skripsi_1402036140_Faris_Mirza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang dilakukan penulis pada Game Mobile legend bang bang dengan judul “Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli Diamond pada Game Online Mobile legend bang bang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait bagaimana kedudukan Diamond pada Game Online Mobile legend bang bang dalam akad jual beli salam? dan bagaimana hukum jual beli salam dengan objek Diamond dalam Game Online Mobile legend bang bang?.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang digunakan peneliti. Sedangkan metode penelitian yang digunakan diantaranya metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh melalui wawancara, dekumentasi serta observasi partisipasif yaitu metode dimana peneliti terlibat dalam sumber data penelitian.
Hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti adalah: diamond yang dijual merupakan hasil dari live streaming pada game mobile legend bang bang yang diberikan oleh pemain game. Dan selanjutnya dijual dengan harga yang berbeda dari developer game dengan metode pembeli memesan jumlah diamond dan membayarnya, kemudian penjual menyerahkan diamond. Dalam praktek jual beli tersebut termasuk dalam jual beli salam yang telah memenuhi rukun dan syarat rukun jual beli salam. Namun syarat sahnya memiliki kekurangan dimana diamond sebagai barang yang dijual tidak dapat dipegang secara langsung, melainkan hanya dapat dimanfaatkan. Sehingga praktek jual beli diamond diperbolehkan dalam Hukum Ekonomi Syariah karena jual beli manfaat suatu barang hukumnya sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah; Jual beli; Diamond; Game online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:50
Last Modified: 03 Dec 2021 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics