Tinjauan hukum Islam tentang kebiasaan pembulatan harga bensin : studi kasus Welahan-Jepara

Suryaningsih, Hikmah (2020) Tinjauan hukum Islam tentang kebiasaan pembulatan harga bensin : studi kasus Welahan-Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036035_HIKMAH_SURYANINGSIH] Text (SKRIPSI_1502036035_HIKMAH_SURYANINGSIH)
SKRIPSI_1502036035_HIKMAH_SURYANINGSIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Namun jual beli yang sesuai dengan hukum islam masih jarang diterapkan dalam masyarakat, masih sering dijumpai adanya masyarakat yang tidak peduli jual beli yang sah menurut hukum islam. salah satunya yaitu jual beli yang ada di SPBU Welahan – Jepara ketika pembeli ingin membeli full tank BBM, sering kali dalam pembelian full tank tersebut ada pembulatan harga didalamnya.
Penelitian ini membahas tentang praktek pembulatan harga saat pembelian BBM full tank yang dilakukan oleh SPBU Welahan – Jepara. Pembulatan yang dilakukan oleh pihak SPBU (operator) ini tidak disadari oleh pembelinya, karena hal ini sebelumnya tidak adanya komunikasi untuk membulatkan harga. Sehingga banyak pembeli yang tidak mengetahui hal tersebut. Penelitian ini mengacu dengan kesesuaian antara pembulatan harga dalam pembelian full tank dengan rukun, syarat jual beli dan ‘Urf dalam tinjauan hukum islamnya. Penelitian ini termaksut penelitian (field research) atau penelitian lapangan dengan datang langsung terjun ketempat penelitian. Dengan data primernya berupa hasil wawancara dengan pihak – pihak SPBU yang terkait dan pembeli BBM di SPBU Welahan – Jepara, serta data sekunder yang diperoleh dari buku – buku fiqih muamalah, Al – Qu’an dan Hadis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek jual beli dengan pembulatan harga saat pengisisan Full tank yang dilakukan di SPBU Welahan – Jepara belum sepenuhnya sesuai dengan rukun akad jual dalam hukum islam karena salah satu rukunnya tidak terpenuhi yaitu rukun ijab qabul dalam pembulatan harga BBM saat full tank tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Pembulatan harga; Bahan bakar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 02:18
Last Modified: 04 Dec 2021 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics