Penyuluhan agama Islam untuk mengembangkan perilaku keagamaan pada ibu-ibu di Majelis Ta’lim Mar’atus Sholihah kelurahan Pasar Batang kecamatan Brebes kabupaten Brebes

Fadhilah Aromlah, Naila (2021) Penyuluhan agama Islam untuk mengembangkan perilaku keagamaan pada ibu-ibu di Majelis Ta’lim Mar’atus Sholihah kelurahan Pasar Batang kecamatan Brebes kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016007_NAILA_FADHILAH_AROMLAH] Text (SKRIPSI_1501016007_NAILA_FADHILAH_AROMLAH)
SKRIPSI_1501016007_NAILA_FADHILAH_AROMLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyuluhan agama Islam di majelis ta’lim bukanlah hal yang luar biasa, sudah banyak kegiatan penyuluhan agama Islam di majelis ta’lim, hal yang luar biasa adalah ketika kegiatan penyuluhan agama Islam bisa langsung membawa dampak positif bagi audiens atau mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana perilaku keagamaan pada Ibu-ibu di majelis ta’lim Mar’atus Sholihah Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes kabupaten Brebes.
2) mengetahui bagaimana penyuluhan agama Islam untuk mengembangkan perilaku keagamaan pada ibu-ibu majelis ta’lim Mar’atus Sholihah Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melibatkan 20 orang anggota majelis ta’lim Mar’atus Sholihah Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang mana ada 3 langkah, yang pertama, Data Reduction (Reduksi Data), yang kedua, Display Data (Penyajian Data), dan yang ketiga, Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan).
Penelitian ini memiliki hasil sebagai berikut: Pertama, peneliti menemukan bahwa bagaimana perilaku keagamaan pada Ibu-ibu di majelis ta’lim Mar’atus Sholihah Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes adalah perilaku terhadap Allah SWT, perilaku terhadap diri sendiri, perilaku terhadap keluarga, perilaku terhadap tetangga, perilaku terhadap masyarakat. Kedua, bagaimana penyuluhan agama Islam untuk mengembangkan perilaku keagamaan pada Ibu- ibu di majelis ta’lim Mar’atus Sholihah Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dilakukan dengan cara pengajian setiap hari Minggu pukul 14.00-16.00 WIB dengan menghadirkan ustadz-ustadzah untuk memberikan kajian penyuluhan bagaimana berperilaku keagamaan yang baik dan benar yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan juga berbagi pengalaman dengan cara tanya-jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Agama Islam; Perilaku Keagamaan; Majelis Ta’lim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 04 Dec 2021 02:41
Last Modified: 04 Dec 2021 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics