Upaya memperkuat kesehatan mental melalui dukungan sosial keluarga dalam pelayanan bimbingan rohani Islam bagi pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang

Fikri Abdillah, Muhamad (2020) Upaya memperkuat kesehatan mental melalui dukungan sosial keluarga dalam pelayanan bimbingan rohani Islam bagi pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016010_M_FIKRI ABDILLAH] Text (SKRIPSI_1501016010_M_FIKRI ABDILLAH)
SKRIPSI_1501016010_M_FIKRI ABDILLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (817kB)

Abstract

Perhatian keluarga dan bimbingan rohani Islam merupakan dua elemen yang sangat penting apabila saling mendukung untuk kebaikan pasien, Karena perhatian keluarga dan bimbingan rohani Islam berpengaruh terhadap kesehatan mental pasien gagal ginjal kronik di rumah sakit, biasanya pasien yang dalam keadaan sangat terpuruk akan merasa khawatir, putus asa, pemurung, depresi dan bisa juga pasien akan mengalami pemberontakan karena masih belum bisa menerima keadaannya. Karena itu diperlukan dukungan sosial keluarga dan bimbingan rohani Islam untuk membuat pasien merasa tenang dan dapat menerima keadaannya dengan baik, pasien juga diharapkan dapat merasa bahagia dunia dan akhirat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan keluarga dan bimbingan rohani Islam di rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang dan untuk mengetahui upaya memperkuat kesehatan mental pasien gagal ginjal kronik yang menjalani pasien hemodialisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis Data dilakukan dengan menggunakan deskriptif yaiu: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan dukungan sosial keluarga dalam pelayanan bimbingan rohani Islam terhadap kesehatan mental pasien gagal ginjal kronik di rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang sangat bermanfaat bagi pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis. untuk mengetahui tentang kesehatan mental dan juga ilmu keislaman yang telah disampaikan oleh petugas rohani/konselor dengan model dalam bimbingan rohani yaitu: Model Al Hikmah, Al Mauizhoh Hasanah dan teknik rohani lainnya. Dukungan sosial keluarga juga dapat mengetahui sejauh mana dukungan yang dapat diberikan oleh keluarga pasien serta pemahaman mengenai memotivasi keluarga, memberikan dorongan dan selalu melindungi dan menyayangi keluarganya sendiri. Bentuk dukungan keluarga yang meliputi dukungan penilaian, emosional, instrumental, dan informasional hal tersebut merupak hal yang sangat menentukan bagi keefektivan dari dukungan sosial keluarga kepada pasien, apabila dari empat hal ada satu yang tidak terpenuhi maka peran petugas bimroh disitu akan melengkapi dan menyempurnakan agar tercipta tatanan bagi pasien agar selalu mempunyai mental yang sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesehatan mental; Dukungan sosial keluarga; Gagal ginjal kronik; Bimbingan Rohani Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:10
Last Modified: 08 Dec 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics