Tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerjasama petani dengan pemilik pompa air di Desa Bermi Kecamatam Mijen Kabupaten Demak

Pramana, Agung Dwi (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerjasama petani dengan pemilik pompa air di Desa Bermi Kecamatam Mijen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036040_Agung_Dwi_Pramana] Text (Skripsi_1502036040_Agung_Dwi_Pramana)
Skripsi_1502036040_Agung_Dwi_Pramana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kebiasaan masyarakat Desa Bermi Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang memiliki kebiasaan melakukan kerjasama petani dengan pemilik pompa air. Musyarakah adalah kerjasama dalam usaha perekonomian yang berdasarkan pada prinsip syariah, dalam hal ini menggunakan sistem bagi hasil dimana keuntungan dan kerugian di tanggung secara bersama. Dalam pelaksanaannya berpedoman pada Fatwa DSN-MUI No. 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan musyarakah sehingga praktik kerjasama yang dilakukan petani dengan pemilik pompa air harus mengacu pada Fatwa DSN-MUI tentang musyarakah. Namun dalam pelaksanaannya kedua belah pihak mengeluarkan modal sesuai dengan yang telah di sepakati, dari keuntungan tersebut pihak pemilik pompa air mendapatkan moro sepuloh atau sepuluh persen dari hasil panen. Namun apabila mengalami kerugian maka petani tetap membayar dengan mengganti pengeluaran solar pemilik pompa air.
Dari latar belakan tersebut ada beberapa permasalahan yang perlu penulis bahas dalam skripsi ini diantaranya, pertama, Bagaiman jenis akad yang digunakan petani dengan pemilik pompa air di Desa Bermi Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Kedua, Bagaimana penerapan akad musyarakah antara petani dengan pemilik pompa air di Desa Bermi Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Untuk memenuhi data dan hasil dalam penelitian ini yang merupakan penelitian hukum empiris, penulis menggunakan pendekatan yuridis empiris, sedagkan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapat dari wawancara langsung dengan pengusaha pompa air dan petani Desa Bermi dan sumber data sekunder sebagai data penunjang penelitian ini berupa dokumentasi dan observasi.
Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pertama, bahwa petani melakukan kerjasama dengan pemilik pompa air dengan kedua belah pihak memberikan modal dan keduanya juga bekerja dengan keahliannya masing-masing. Kedua, pelaksanaan dari akad musyarakah tersebut terdapat beberapa hal yang belum sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 08/DSN-MUI/IV/2000 dimana akad musyarakah mengenai kerugian. Di dalam kerjasama yang antara petani dengan pemilik pompa air apabila mengalami kerugian maka petani tetap membayarkan uang ganti solar kepada pemilik pompa air. Sehingga dalam kerjasama antara petani dengan pemilik pompa air dapat merugikan salah satu pihak. Dengan demikian kerjasama atau akad musyarakah belum sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan musyarakah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Kerjasama; Hukum Islam; Petani; Pemilik pompa air
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 02:47
Last Modified: 04 Dec 2021 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics