Pengaruh independensi, etika auditor, due professional care, akuntabilitas dan kompetensi terhadap kualitas audit : studi pada auditor di KAP Kota Semarang

Nafisah, Faridatun (2021) Pengaruh independensi, etika auditor, due professional care, akuntabilitas dan kompetensi terhadap kualitas audit : studi pada auditor di KAP Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046091_FARIDATUN_NAFISAH] Text (SKRIPSI_1705046091_FARIDATUN_NAFISAH)
1705046091_Faridatun Nafisah_Full Skripsi - 48-Faridatun Nafisah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya skandal akuntansi mengakibatkan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan publik. Hal ini disebabkan karena adanya indikasi auditor melakukan kerjasama dengan pihak yang diaudit untuk memanipulasi laporan keuangan. Dengan demikian kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor tidak dapat diandalka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Independensi, Etika Auditor, Due Professional Care, Akuntabilitas, dan Kompetensi Terhadap Kualitas Audit. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu auditor yang bekerja pada KAP di Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang digunakan adalah data primer yang disebar ke KAP Semarang dalam bentuk kuesioner. Kuesioner yang terkumpul berjumlah 52. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi, etika auditor, due professional care dan kompetensi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Ketidakkonsistensi ini karena kurangnya tanggung jawab kepada public karena layanan auditor dianggap tidak memberikan kontribusi yang besar, masih terdapat auditor yang tidak memegang teguh pada profesi auditor dan kurangnya perilaku auditor secara professional. Sedangkan akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Semakin tinggi akuntabilitas maka semakin tinggi pula kualitas audit yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Independensi; Etika auditor; Kantor Akuntan Publik (KAP); Akuntabilitas; Kompetensi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:38
Last Modified: 14 Mar 2024 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics