Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV MI NU 07 Kertomulyo

Aliah, Umi (2021) Efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV MI NU 07 Kertomulyo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096059_Umi Aliah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096059_Umi Aliah_Lengkap)
1703096059_Umi Aliah_Skripsi full - Umi Aliah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV MI NU 07 Kertomulyo. Penelitian ini merupakan penalitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala MI NU 07 Kertomulyo, walikelas IV MI NU 07 Kertomulyo, Siswa kelas IV MI NU 07 Kertomulyo. Teknik analisa data yang digunakan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring di MI NU 07 Kertomulyo pada kelas IV kurang efektif karena dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa hanya diberikan tugas mempelajari materi secara mandiri dan mengerjakan soal-soal latihan, dan guru pun tidak tahu apakan siswa benar-benar paham atau tidak dengan materi yang siswa pelajari. Selain itu, tidak terlaksananya interaksi antara guru dengan siswa dan rendahnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring.
Kelebihan pembelajaran daring di MI NU 07 Kertomulyo yaitu fleksibilitas waktu dan tempat belajar, sumber belajar dapat dicari darimana saja. Dapat mengembangkan kemampuan dalam mengoperasikan teknologi dan pemanfaatan teknologi. Adapun kekurangan dari pembelajaran daring pada kelas IV MI NU 07 Kertomulyo yaitu kurangnya interaksi antara murid dengan guru. Koneksi internet dan media pembelajaran, sulitnya koneksi jaringan internet. Pemahaman terhadap materi, karena proses pembelajaran siswa mempelajari materi sendiri sehingga siswa sulit untuk memahami materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran; Pembelajaran daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:55
Last Modified: 08 Dec 2021 00:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics