Bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja : studi kasus di Majelis Taklim Baitussalam Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang

Mufida, Nurul (2020) Bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja : studi kasus di Majelis Taklim Baitussalam Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016027_NurulMMufida] Text (SKRIPSI_1501016027_NurulMMufida)
SKRIPSI_1501016027_NurulMMufida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Bimbingan Keagamaan Islam dalam meningkatkan Ibadah Salat bagi Remaja (studi kasus di Majelis Taklim Baitussalam Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang). Kajian ini dilatar belakangi oleh remaja yang melalaikan ibadah salat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja di majelis taklim Baitussalam Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang? (2) bagaimana hasil bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja di majelis taklim baitussalam di Desa Banyuputih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi data reduction, data display, conclusion drawing, dan verification. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja serta mengetahui peran bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat bagi remaja di majelis taklim Baitussalam.
Hasil penelitian: 1) Bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Majelis Taklim Baitussalam dilihat dari berbagai aspek yaitu: waktu pelaksanaan bimbingan keagamaan dilaksanakan setiap hari Sabtu malam ba’da Isya dan Selasa ba’da Asar. Sebelum pembimbing Sebelum pelaksanaan bimbingan dimulai, remaja dan pembimbing melakukan salat jamaah di masjid Baitussalam. Sasaran bimbingan keagamaan yaitu remaja di Majelis Taklim Baitussalam, ada sejumlah 40 remaja. Analisis pelaksanaan sebanyak 5 dari 5 remaja yang dijadikan objek pengamatan mengaku bertambah giat menjalan ibadah salat setelah rutin mengikuti bimbingan keagamaan yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah agar kehidupan remaja sampai pada tahapan untuk tidak melalaikan kewajiban beribadah sehingga pada masa-masa itu remaja memiliki tingkat keimanan yang meningkat.
Materi bimbingan keagamaan meliputi pertama materi akidah, membantu remaja ia mengerti akan ketauhidan agar melindungi setiap perilaku remaja dan selalu mengingat bahwa setiap perbuatan akan dipertanggung jawabkan. Kedua, materi ibadah membantu remaja agar menjalin hubungan dengan Allah dengan penuh kesadaran dan penghayatan. Ketiga, materi akhlak membantu remaja untuk menentukan baik dan buruknya tindakan dan sikap yang ditampilkan.
Metode bimbingan yang digunakan adalah: pertama, metode Uswatun hasanah yaitu dengan memberikan contoh suru taulladan yang baik agar dapat diikuti oleh remaja. Kedua, metode mau’idhah hasanah diberikan pembimbing dalam bentuk ceramah. 2) Analisis hasil bimbingan keagamaan Islam dalam meningkatkan ibadah salat remaja di Majelis Taklim Baitussalam yaitu sebagai motivasi untuk semakin rajin menjalankan ibadah, khususnya salat karena dalam proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilakukan sangat sesuai untuk membuat remaja mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan Islam; Ibadah Salat; Majelis Ta'lim; Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:44
Last Modified: 13 Dec 2021 05:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics