Tinjauan Hukum Pidana Islam dan hukum positif tentang pencemaran nama baik seseorang melalui konten Prank Gold Digger

Nabila, Farchi (2020) Tinjauan Hukum Pidana Islam dan hukum positif tentang pencemaran nama baik seseorang melalui konten Prank Gold Digger. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1502026007_Farchi_Nabila] Text (SKRIPSI_1502026007_Farchi_Nabila)
1502026007_Farchi Nabila_Lengkap Tugas Akhir - Richie Not Bad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media sosial adalah menyerang kehormatan atau nama baik seseorang melalui sarana atau media Informasi dan Transaksi Elektronik yakni melalui media video yang diunggah atau konten video prank gold digger. Terdapat peraturan yang mengatur perbuatan tersebut yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 27 ayat (3) UU ITE jo. Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016. dan dalam KUHP Pasal 310. Hukum Islam memberikan penegasan terhadap larangan penghinaan, dalam Al-Quran Surat Al-Hujuraat 11, Surat An-Nur Ayat 11, Surat Al-Isra’ Ayat 53, tentang larangan dan ancaman hukuman bagi seseorang yang menghina orang lain. Data-data yang telah mengatur tindak pidana pencemaran nama baik akan diuraikan dalam setiap pasal dan dapat mengetahui secara rinci pendapat hukum pidana Islam dan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui konten prank gold digger.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang menekankan sumber informasinya dari buku-buku, jurnal dan literatur yang berkaitan atau relevan dengan objek penelitian. Tipe penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif, maka penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statue approach). Yang dimaksud dengan statue approach yaitu,“pendekatan yang dilakukan dengan mengidentifikasi serta membahas peraturan perundang-undangan yang berlaku berkaitan dengan materi yang dibahas. dan pendekatan konseptual (conceptual approach). pendekatan secara conceptual approach yaitu suatu pendekatan yang diperoleh melalui literatur-literatur dan bahan bacaan lainnya sebagai teori pendukung dari pembahasan skripsi.
Hasil dari penelitian ini, pertama pencemaran nama baik masuk dalam ranah jarîmah ta’zîr bukan termasuk jarîmah qishâsh dan hudûd, sebab bisa dipastikan bahwa di zaman rasulullah belum ditemukan pemberitaan informasi melalui elektronik. Oleh karena itu, tidak ada satu ayat atau hadis pun yang menyebutkan secara jelas dan rinci terkait eksistensi pencemaran nama baik melalui elektronik. Hakim dalam hal ini diberi kewenangan untuk menjatuhkan hukuman bagi pelaku jarîmah ta’zîr. Hukuman diancamkan kepada seseorang pembuat jarîmah agar orang tersebut tidak mengulangi tindak kejahatan, juga memberi pelajaran kepada orang lain agar tidak berbuat jarîmah. Penjatuhan pidana pada jarîmah ta’zîr bukan semata-mata sebagai pembalasan dendam, yang paling penting adalah pemberian pendidikan dan pengayoman.
Kedua perbuatan youtuber mengunggah video prank gold digger yang membuat korban menjadi malu dapat dijerat dengan pidana atas pencemaran nama baik berdasarkan Pasal 27 ayat (3) UU ITE jo. Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016. dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).Tetapi perlu diingat bahwa agar dapat dijerat pidana, korban harus melakukan pengaduan kerena ketentuan penghinaan atau pencemaran nama baik dalam UU 19/2016 merupakan delik aduan.
Kata Kunci: Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik, Prank, Hukuman

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam; hukum positif; prank
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Dec 2021 03:20
Last Modified: 04 Dec 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics