Bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di panti pelayanan sosial PGOT Mardi Utomo Semarang

Lubabah, Asna (2020) Bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di panti pelayanan sosial PGOT Mardi Utomo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016033_Asna_Lubabah] Text (SKRIPSI_1501016033_Asna_Lubabah)
SKRIPSI_1501016033_Asna_Lubabah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo yang sangat diperlukan dalam merubah dan membentuk pola pikir serta kemandirian dalam berkeluarga melalui analisis bimbingan dan konseling islam. Panti Pelayanan Sosial Mardi Utomo Semarang mempunyai fungsi besar sebagai salah satu cara membantu, dan memecahkan permasalah. Selain itu mampu mengembangkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi oleh penerima manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di Panti Pelayanan Sosial Mardi Utomo Semarang dan untuk menganalisis bimbingan konseling pada keluarga gelandangan menurut bimbingan dan konseling islam di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang.
Rumusan masalah : (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling pada keluarga gelandangan di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang ?. (2) Bagaimana analisis bimbingan dan konseling islam terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang ?.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan obyek penelitiannya adalah pekerja sosial dan gelandangan yang berada di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo, selain itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data dilakukan dengan tiga langkah dalam penelitian, yaitu : reduksi data, sajian data dan verifikasi atau kesimpulan data.
Penelitian ini memiliki hasil sebagai berikut : ( 1) Proses pelaksanaan bimbingan dan konseling keluarga di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo melalui enam tahapan yaitu : identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi, dan follow up atau evaluasi, adapun metode yang di gunakan yaitu kelompok dan personal dalam metode kelompok semua penerima manfaat atau gelandangan di kumpulkan diruang kelas guna mendapatkan bimbingan, dan dengan metode personal dalam rangka untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang sifatnya pribadi yang di mana kegiatan konseling dilakukan saat penerima manfaat katahuan mendapatkan masalah dalam keluarga atau kasus-kasus individu atau antar penerima manfaat. (2) Hasil bimbingan dan konseling pada keluarga gelandangan di Panti Pelayanan Sosial PGOT Mardi Utomo Semarang dinyatakan berhasil. Dilihat dari meningkatnya spiritual Gelandangan rajin melaksanakan shalat berjamaah dimasjid perkembangan kemandirian mereka mendirikan kegiatan rutinan membaca yasin dan tahlil, manaqiban dan maulid nabi dalam hal motivasi, perubahan pola pikir, pola rasa, pola sikap dan perilaku yang benar menunujukkan peningkatan dapat ditunjukkan dengan semangat bekerja dan disiplin waktu. Dari 15 kepala keluarga 8 diantaranya yang menunjukkan perubahan dan peningkatan namun 7 kepala keluarga masih perlu banyak bimbingan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Keluarga; Gelandangan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:42
Last Modified: 13 Dec 2021 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14197

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics