Jual beli reptil dalam perspektif ulama Kudus : studi kasus jual beli reptil di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Atmaja, Mokhammad Anwar Ibrahim Kusuma (2021) Jual beli reptil dalam perspektif ulama Kudus : studi kasus jual beli reptil di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036058_Mokhamad_Anwar_Ibrahim_Kusuma_Atmaja] Text (Skripsi_1502036058_Mokhamad_Anwar_Ibrahim_Kusuma_Atmaja)
Skripsi_1502036058_Mokhamad_Anwar_Ibrahim_Kusuma_Atmaja.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mayoritas penduduknya bermazhab Syafi’i. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam berpendapat sah tidaknya suatu transaksi tidak selamanya berpegang pada mazhab yang diikutinya. Demikian pula, sebagian pendapat tokoh ulama yang ada di Jekulo dalam memandang “hukum jual beli reptil”. Berdasarkan observasi, “jenis reptil“ yang dipeijualbelikan di Jekulo, yaitu jenis reptil atau Ordo Squamata, kadal (Mabouya sp), Gecko, Iguana, Salvator, Panana, Varanus dan lain sebagainya (Ordo Sauria atau Lacertilia), dan berbagai jenis ular (Ordo Sarpentes atau Ophidia). Lalu, bagaimana mereka memandang hukum jual beli jenis reptil sebagaimana tersebut Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan beberapa pertanyaan, yaitu ;. Pertama, bagaimana praktik jual beli reptil di Jekulo ? ; Kedua, bagaimana pandangan ulama Kudus Terhadap Hukum jual beli reptil di Jekulo ?. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli reptil tersebut serta mengtahui bagaimana pandangan ulama terhadap hukum jual beli reptil tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dimana objek penelitian difokuskan pada praktik jual beli reptil di Jekulo. Sifat penelitian ini ialah deskriptif-analitik, dimana peneliti mencoba untuk mendeskripsikan serta menganalisis praktik tersebut dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni dengan mengacu pada ketentuan fikih mu’amalah. Pengumpulan data dengan teijun langsung ke lapangan yang dihimpun melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis-kualitatif dengan mengacu pada teori jual beli. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan; 1) Bahwa praktik jual beli reptil di Jekulo yaitu meliputi; a. Adanya akad atau transaksi antara penjual dan pembeli dengan cara tertulis maupun ucapan; b. Penentuan harga reptil; c. Menentukan cara pembayarannya, dengan cara tunai (cod atau pcb), dan via transfer, dan d. Penyerahan objeknya, yaitu dengan cara mengambil dan atau dikirim melalui jasa pengiriman, seperti TIKI dan lain sebagainya, 2) Jual beli reptil sebagaimana praktik tersebut menurut KH. Ahmad Mujib, KH. Yasin dan Kyai Muhammad Mujab “hukumnya sah”, berdasarkan metode pengambilan hukum taqlid qauli (taql1d tekstulais), yaitu mengacu pada teks Hanafiyah yang mengesahkan transaksi jual beli reptil dengan catatan adanya kemanfaatan (misalnya nilai ekonomis), menurut KH. Ahmad Saiq Mahin, praktik jual beli reptil di Jekulo “tidak sah” berdasarkan taqlld qaiili pula, yakni mengacu pada teks kitab Syafi’iyah. Menurut Kyai Mas’ud, hukumnya makruh berdasarkan al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 173, sedangkan menurut Kyai Mbah Shodaqoh hukum jual beli reptil termasuk hukumnya haram, jika reptil tersebut merupakan jenis yang buas dan jenis yang tidak buas namun merupakan hewan yang diperintahkan Rasulullah untuk dibunuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Reptil; Ulama Kudus; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 03:30
Last Modified: 04 Dec 2021 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics