Peranan koperasi simpan pinjam Catur Dasa Sejahtera pada PNPM Mandiri dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan menurut tinjauan ekonomi Islam : studi kasus Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro

Umam, Achmad Khotibul (2021) Peranan koperasi simpan pinjam Catur Dasa Sejahtera pada PNPM Mandiri dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan menurut tinjauan ekonomi Islam : studi kasus Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026131_Achmad_Khotibul_Umam] Text (SKRIPSI_1505026131_Achmad_Khotibul_Umam)
1505026131 Achmad Khotibul Umam Lengkap Tugas Akhir - Gentho Ahmad Umam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peranan koperasi Simpan Pinjam ini pendukung dalam meeningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk kelompok perempuan guna meningkatnya keberadaan dan kemandirian serta kelompok setempat perduli dalam menanggulangi kemiskinan di wilayahnya. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana dampak simpan pinjam perempuan terhadap peningkatan ekonomi keluraga peminjam. 2) Untuk mengetehui tinjauan ekonomi islam terhadap pembiayaan simpan pinjam perempuan di kecamatan Sukosewu. (3) untuk mengetahui pembiayaan koperasi catur dasa sejahtera.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa; (1) Dampak dari adanya koprasi yang di rasakan oleh masyarakat yaitu meningkatnya ekonomi pedasaan khusaunya bagi para perempuan. (2) Berkembangnya pinjaman di kecamatan sukosewu diharapkan nantinya akan dilakukan dengan prinsip syariah agar pinjaman yang diberikan sesuai dengan ajaran Islam dan masyarakat semakin merasa aman dengan transaksi yang halal (3) Perenan koperasi simpan pinjam catur dasa sejahtera sangatlah membantu pada masyarakat. Dalam hal ekonomi keluarga terutama untuk perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peranan Koperasi Simpan Pinjam; Pemberdayaan Perempuan; PNPM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:35
Last Modified: 06 Dec 2021 05:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics