Problematika Wali Siswa Kelas IV dalam Penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring tahun ajaran ganjil 2020 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Saadah, Laila Hanifus (2021) Problematika Wali Siswa Kelas IV dalam Penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring tahun ajaran ganjil 2020 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096032_LAILA HANIFUS SAADAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096032_LAILA HANIFUS SAADAH_Lengkap)
1703096032_LAILA HANIFUS SAADAH_Full Skripsi - Laila Hanifus Sa_adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masa Pandemi Covid’19 di Indonesia pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi aktivitas di tempat keramaian. Dampak pademi ini dirasakan dalam sektor pendidikan, di mana jenjang pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka. Dalam kondisi yang seperti ini pembelajaran dilakukan secara daring. Seperti halnya MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yang melakukan pembelajaran daring di masa pendemi. Dalam penggunaan aplikasi Google Classroom untuk pembelajaran daring tahun ajaran baru di MI Miftahul Aklaqiyah terdapat permasalah yang terjadi. Diantaranya, merupakan kesiapan wali siswa dalam mengoprasikan dan mengenal menu-menu pada aplikasi Google Classroom. Penggunaan aplikasi Google Classroom dapat memudah guru untuk melihat aktivitas siswa selama pembelajaran daring.
Penelitian ini, terdapat dua rumusan permasalahan sebagai berikut (1) Apa saja probelmatika penggunaan google classroom sebagai sarana media pembelajaran kelas IV selama Pandemi Covid’19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang? (2) Bagaimana upaya untuk menghadapi problematika penggunaan google classroom sebagai sarana media pembelajaran kelas IV selama Pandemi Covid’19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang?.
Rumusan masalah diatas, bertujuan untuk mengetahui yang dihadapi oleh wali siswa kelas IV dalam penggunaan google classroom sebagai sarana media pembelajaran selama Pandemic Covid’19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang dan untuk mengetahui upaya dalam menghadapi problematika penggunaan google classroom sebagai sarana media pembelajaran kelas IV selama Pandemi Covid’19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian penulis menggunakan metode wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika bagi wali siswa kelas IV dalam penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Hal ini dibuktikan dengan observasi pra/sebelum penelitian dan data hasil penelitian yang dihasilkan dari kuisioner. Hasil dari kuisioner menunjukkan bahwa wali siswa kelas IV mengalami kendala dalam mengoprasikan aplikasi google classroom. Penelitian ini menunjukkan adanya upaya yang dilakukan oleh sekolah dan wali siswa dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, wali siswa bertanya kepada guru kelas tentang permasalahan yang dihadapi dan pihak sekolah juga memberikan fasilitas berupa bantuan secara langsung maupun online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Google classroom; Sarana pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:51
Last Modified: 08 Dec 2021 00:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics