Coping stress mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA di Pusat Pengembanagan Bahasa (PPB) UIN Walisongo Semarang

Fitriyana, Afita (2020) Coping stress mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA di Pusat Pengembanagan Bahasa (PPB) UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016053_Afita_Fitriyana_Lengkap] Text (SKRIPSI_1501016053_Afita_Fitriyana_Lengkap)
SKRIPSI_1501016053_Afita_Fitriyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Secara akademik di Fakultas Dakwah UIN Walisongo ketika mahasiswa yang akan mengikuti ujian munaqosah atau sidang skripsi diwajibkan memiliki sertifikat lulus TOEFL dan IMKA. Mahasiswa FDK UIN Walisongo angkatan 2016 pasti mengalami stress dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA baik yang bersumber pada dirinya sendiri ataupun dampak dari lingkungan sekitar. Coping stress merupakan segala usaha individu untuk mengatur tuntutan lingkungan dan konflik yang muncul, mengurangi kesenjangan persepsi antara tuntutan situasi yang menekan dengan kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan atau tuntutan yang individu hadapi. Sehingga coping stress sebagai tujuan agar para mahasiswa FDK UIN Walisongo angkatan 2016 mampu menjadikannya sebagai upaya untuk menanggulangi atau meminimalisir timbulnya stress pada diri sendiri. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah bentuk stress mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA? (2) Bagaimanakah bentuk strategi coping stress mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan bentuk stress mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA. (2) Mendeskripsikan bentuk strategi coping stress mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo angkatan 2016 dalam menghadapi ujian TOEFL dan IMKA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diambil dari wawancara dengan mahasiswa FDK angkatan 2016 dan Kepala Pusat Pengembangan Bahasa. Data juga diambil dari observasi dan dokumentasi yang masih relevan dengan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini adalah sumber, kemudian direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok dan disimpulkan dengan menggunakan model analisis data dan hasil yang dideskripsikan dengan uraian kata.
Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, mahasiswa FDK UIN Walisongo 2016 menunjukkan stress yang berada pada tingkat stress yang ringan dan mengalami tekanan psikologis terkait dengan menghadapi ujian atau tes TOEFL dan IMKA. Adapun bentuk-bentuk stress yang dialami diantaranya: eustress (stress yang bersifat positif) dengan cara melakukan pola pikir yang menimbulkan semangat pada diri sendiri, dan distress (stress yang bersifat negatif) seperti merasakan distress yang berupa rasa gugup, gelisah, kepanikan yang membuat hati merasa detak jantung melaju tidak normal, tubuhnya merasakan pegal, capek, dan pusing. Kedua, mahasiswa FDK UIN Walisongo angkatan 2016 telah melakukan strategi coping stress dalam menghadapi ujain TOEFL dan IMKA. Serta menerapkan metode-metode coping stress dan fungsi-fungsi coping stress yakni, problem focused coping dimana individu secara aktif mencari penyelesaian dari masalah untuk menghilangkan situasi yang mengakibatkan terjadinya stress yaitu dengan cara berhenti sejenak mengerjakan soal TOEFL dan IMKA, mencoret-coret kertas, menghayal dengan harapan supaya moodnya kembali lagi dan fokus mengerjakan soal kembali, dan terhindar dari stress. Yang kedua yaitu, emotional focused coping dimana individu yang melibatkan usaha-uasahanya untuk mengatur emosinya supaya dapat menyesuaiakan diri dengan akibat yang akan ditimbulkan oleh situasi yang penuh dengan tekanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Copping stress; Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo angkatan 2016; TOEFL dan IMKA
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:52
Last Modified: 13 Dec 2021 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14210

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics