Interaksi sosial mahasiswa dengan masyarakat dalam membentuk kepribadian muslim di unit kegiatan mahasiswa KORP Da’i Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Lailatul Hikmah Permatasari, Ifma (2020) Interaksi sosial mahasiswa dengan masyarakat dalam membentuk kepribadian muslim di unit kegiatan mahasiswa KORP Da’i Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016058_Ifma_Lailatul_Hikmah_Permatasari] Text (SKRIPSI_1501016058_Ifma_Lailatul_Hikmah_Permatasari)
SKRIPSI_1501016058_Ifma_Lailatul_Hikmah_Permatasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “ Interaksi Sosial Mahasiswa Dengan Masyarakat Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Pada UKM Kordais Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Walisongo Semarang”, yang ditulis oleh Ifma Lailatul Hikmah Permatasari NIM 1501016058 dan jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini di latarbelakangi bahwa sebagian mahaiswa baik yang masih berstatus mahasiswa aktif maupun yang sudah alumni tidak banyak yang berinterkasi pada masyarakat lingkunganya, bahkan mahasiswa tidak banyak yang mengikut sertakan dirinya dalam kegiatan yang ada di masyarakat, mereka lebih memilih berkomunikasi melalui sosial media dibandingkan berinteraksi langsung. Hal ini yang memunculkan rasa percaya diri yang rendah dan tidak ada kesiapan yang matang buat mengaktualisasikan dirinya pada masyarakat sekitarnya. Di UKM Kordais menjadi satu-satunya organisasi dibawah Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang menyediakan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial maupun kegiatan agama, dengan maksud mempersiapkan serta mencetak individu yang berakhlaqul karimah serta sesuai dengan kepribadian muslim menurut syariat, disini selain individu dapat mendapatkan manfaat ilmu agama dan sosial, yang nantinya sebagai bekal ketika terjun dan kembali kepada masyarakat sekitar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi sosial di UKM Kordais Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, serta conclusion dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Kegiatan Interaksi Sosial pada Unit Kegiatan Mahsiswa Korp Da’i Islam. Beberapa bentuk kegiatan interaksi sosial meliputi a) Bakti Sosial, b)Pengabdian, c) Pengajian Akbar, d) Safari Kkn, e) Safari Home, kegiatan pendukungnya meliputi a) Miladiyah, b) Seminar Enam Divisi, c) Kongres Tahunan. Kegiatan-kegiatan tersebut sangat memberikan manfaat dan dampak baik bagi anggota. Karena tujuan utama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut adalah menciptakan anggota yang terampil dan memiliki jiwa sosial dan perubahan tingkah laku yang mengarah ke kepribadian muslim sesuai syariat. 2) Kegiatan Interaksi sosial yang dilaksanakan di UKM Kordais dalam membentuk kepribadian muslim menunjukan bahwa kegiatan interaksi sosial dengan beberapa bentuk interaksi sosial yaitu bentuk interaksi asosiatif dalam bentuk ini diharapkan mampu meningkatkan dan menumbuhkan akan pentingnya suatu kerjasama diantara individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama dan dengan adanya bentuk asosiatif kerjasama ini anggota dapat berhubungan dengan lingkungan masyarakat maupun alam semesta. Kemudian bentuk interaksi sosial disasosiatif bentuk ini diharapkan mampu menumbuhkan dan mengoptimalkan pola pikir anggota agar sesama anggota dapat berkompetisi menjadi yang terbaik tanpa menjatuhkan satu sama lain, dengan nilai-nilai yang sesuai syariat. Adapun kegiatan sosial yang dilaksanakan memiliki tujuan berbeda beda, seperti kegiatan bakti sosial mengrahkan untuk anggota agar bisa berbaur dengan masyarakat lingkungan sekitar, anggota dapat memiliki bekal untuk kemudian hari, dan kegiatan keagamaan seperti latihan rebana, tilawah dan lain sebagaianya sesuai yang sudah dijelaskan diatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Kepribadian Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:53
Last Modified: 13 Dec 2021 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics