Peran kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan materi PBB dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan peserta didik di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo

Faizin, Mohammad Nur (2021) Peran kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan materi PBB dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan peserta didik di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096022_Mohammad Nur faizin_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096022_Mohammad Nur faizin_Lengkap)
1703096022_Mohammad Nur faizin_tugas akhir - MOHAMMAD NUR FAIZIN UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan peserta didik di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo . Hal ini dilatarbelakangi dari munculnya beberapa perilaku menyimpang pada anak sekolah dasar, yakni melakukan merokok, bullying, berani kepada orang tua dan guru. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan, lembaga pendidikan memberikan berbagai pengetahuan dan ketrampilan, serta mengembangkan berbagai karakter yang dimiliki oleh setiap peserta didik dalam sikap moral dan kedisiplinan, baik melalui pendidikan formal maupun non formal.
Studi ini di maksudkan untuk menjawab permasalahan peran kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan materi PBB dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan peserta didik di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan studi lapangan yang dilaksanakan pada ekstrakurikuler kepramukaan MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/ penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mendiskripsikan dan menjelaskan suatu fenomena, tingkah laku sosial, yang merupakan turunan filosofi fenomenologi. Artinya, Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat serta objektif tentang kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan materi PBB dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan metode wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif analis.
Berdasarkan kajian secara teoritis maupun ( field research) Secara keseluruhan peran kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan materi PBB dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan yang ada di MI Sabilil Muttaqin Kapuran Badegan Ponorogo terdapat banyak sekali dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan meliputi integritas (integrity), Tanggung jawab (responsibility), Perasaan Iba (compassion), pemaaf (forgiveness). Dari keempat hal tersebut sudah tertuang jelas dalam dasadharma pramuka sebagai dasar ataupun rujuakan METODIK dalam pembinaan sikap moral dan kedisiplinan materi PBB

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler kepramukaan; Materi PBB; Sikap moral; Kedisiplinan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:48
Last Modified: 08 Dec 2021 00:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics