Tradisi macapat pembacaan kitab nurun nubuwwah bagi jama’ah rukun sampurna Desa Moncek Timur Kabupaten Sumenep : perspektif fenomologis

Fawaidurrahman, Fawaidurrahman (2021) Tradisi macapat pembacaan kitab nurun nubuwwah bagi jama’ah rukun sampurna Desa Moncek Timur Kabupaten Sumenep : perspektif fenomologis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604016025_FAWAIDURRAHMAN] Text (SKRIPSI_1604016025_FAWAIDURRAHMAN)
skripsi full - Salsabila Sistika Indah Nafi_ah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Macapat adalah sebuah tembang yang dilagukan oleh Si pembaca yang setiap bab mempunyai makna yang berbeda. Tembang Macapat merupakan sastra kuno yang berasal dari Jawa lalu masuk ke tanah Madura dan menjadikan khasanah kebudayaan serta media pendakwaan yang mengandung beberapa nilai-nilai luhur dan pesan moral yang patut untuk diteladani.
Bagaimana tradisi pembacaan kitab Nurun Nubuwwah bagi jama’ah Rukun Sampurna Desa Moncek Timur?
Mengapa kitab Nurun Nubuwwah penting bagi jama’ah Rukun Sampurna Desa Moncek Timur?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif, sementara sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu, data primer yang merupakan hasil dari temuan di lapangan dan data sekunder yang merupakan pendukung dari dari penelitian ini seperti literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data terbagi menjadi tiga hal yaitu, Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode analisis deskriptif dengan cara membaca, menelaah, dan mempelajari data yang sudah diperoleh dilapangan.
Temuan dari hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa diadakannya dalam tradisi pembacaannya Nurun Nubuwwah adalah adanya keyakinan dan kepercayaan dalam diri masyarakat dan bisa berpengaruh dalam kehidupan manusia. Pentingnya ngaji Nurun menambah Nubuwwah bagi jama’ah Rukun Sampurna agar memperoleh kesadaran dan ingat kepada Allah Swt serta mensyukuri apa adanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jama’ah Rukun Sampurna; tradisi Nurun Nubuwwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 04 Dec 2021 04:31
Last Modified: 08 Dec 2021 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics