Analisis pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2020/2021

Chaerunnisa, Luq Yana (2020) Analisis pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096006_Luq Yana Chaerunnisa_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096006_Luq Yana Chaerunnisa_Lengkap)
1703096006_Luq Yana Chaerunnisa_Lengkap Tugas Akhir - Luqyana Chaerunnisa(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh melalui media berupa intermet dan sebagai alat penunjangnya yakni telepon seluler, laptop, atau komputer. Guru yang sebelumnya melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas, kini harus dilaksanakan secara daring. Dalam hal ini tentu guru harus dapat beradaptasi dengan teknologi informasi dan telekomunikasi agar dapat melakukan pembelajaran secara optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran daring, serta faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada guru MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, conclusion drawing/verification.
Penelitian ini menunjukkan guru MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2020/2021 menggunakan Google G Suite Education dalam pembelajaran daring. Faktor pendukung yakni sarana prasarana, jaringan internet yang stabil, platform media belajar online serta partisipasi aktif peserta didik. Faktor penghambat yakni ketidakmampuan guru menguasai teknologi informasi dan teknologi, kepemilikan handphone peserta didik, jaringan internet yang tidak stabil, dan kurangnya motivasi belajar yang diberikan oleh guru. Solusi yang diberikan atas hambatan tersebut yakni penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya tenaga pendidik, akses internet penuh, portal belajar gratis dan kemampuan guru untuk berinovasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran daring; Faktor pendukung; Faktor penghambat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:46
Last Modified: 08 Dec 2021 00:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics