Tinjauan hukum Islam terhadap produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang

Rinasari, Dewi (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036061_DEWI_RINASARI] Text (Skripsi_1502036061_DEWI_RINASARI)
Skripsi_1502036061_DEWI_RINASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pegadaian Syariah adalah lembaga keuangan yang menyediakan transaksi pembiayaan dan jasa gadai berdasarkan prinsip syariah. Lembaga keuangan syariah telah banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini ditandai dengan produknya yang semakin inovatif, terutama ketika menggunakan multiakad. Seperti produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang yang merupakan produk jual beli emas sekaligus fasilitas titipan emas yang tidak hanya menggunakan satu akad melainkan beberapa akad didalamnya. Multiakad dalam transaksi lembaga keuangan syariah merupakan topik yang senantiasa menarik perhatian untuk dibahas, baik dari sisi teoritis maupun implementasinya yang ada di lapangan, karena akad-akad yang mendasari transaksi tersebut semakin berkembang dan menjadi variatif. Namun masih menimbulkan beberapa permasalahan, terutama mengenai status hukumnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik mengambil judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang” dengan rumusan masalahnya yaitu bagaimana mekanisme pelaksanaan produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Normatif-Empiris. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dengan informan pimpinan cabang Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang. Sedangkan untuk data sekunder, peneliti menggunakan buku-buku, internet, dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan penelitian. Kemudian setelah data penelitian terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menjelaskan produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang menggunakan akad jual beli dan akad ijārah (sewa tempat penitipan emas) dalam mekanisme pelaksanaannya. Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang menggunakan sistem beli-titip emas. Jual beli dilakukan oleh pemilik rekening dengan Anak Perusahaan dan titipan emas dilakukan oleh pemilik rekening dengan Pegadaian Syariah dengan menggunakan akad ijārah (sewa tempat penitipan emas). Ketika pemilik rekening menyetorkan uang ke Tabungan Emas terjadi akad jual beli emas sehingga saldo yang terdapat dalam Tabungan Emas bukan lagi dalam bentuk saldo uang melainkan saldo emas dan akad ijārah (sewa tempat penitipan emas) karena emas yang dibeli tersebut dititipkan ke Pegadaian Syariah. Sebagaimana hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam mekanisme Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang terdapat dua akad yang digabungkan sekaligus yaitu akad jual beli dan akad akad ijārah (sewa tempat penitipan emas), dalam Islam penggabungan dari beberapa akad biasa disebut dengan al-‘uqūd al-murakkabah atau multiakad. Terkait status hukum penggabungan akad jual beli) dan akad ijārah (sewa tempat penitipan emas) dalam produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Tabungan emas; Pegadaian syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 06:56
Last Modified: 04 Dec 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics