Analisis pemikiran Yusuf Qardhawi tentang pusat kegiatan Islam sebagai mustahik zakat dari kelompok sabilillah

Akbar, Helmy Ilham (2020) Analisis pemikiran Yusuf Qardhawi tentang pusat kegiatan Islam sebagai mustahik zakat dari kelompok sabilillah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036066_Helmy_Ilham_Akbar] Text (Skripsi_1502036066_Helmy_Ilham_Akbar)
Skripsi_1502036066_Helmy_Ilham_Akbar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari adanya pendapat Yusuf Qardhawi yang menyatakan bahwa Pusat Kegiatan Islam dapat sebagai mustahik zakat dari kelompok Sabilillah. Hal ini merupakan permasalahan baru yang berkembang di dalam masyarakat, dan masyarakat sendiri secara umum belum banyak mengetahui kepastian hukum dari permasalahan tersebut. Sehingga Pusat Kegiatan Islam tersebut dapat diberikan zakat. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapat Yusuf Qardhawi tentang Pusat Kegiatan Islam sebagai mustahik zakat dari kelompok Sabilillah dan bagaimana Relevansinya pemikiran Yusuf Qardhawi tentang Pusat Kegiatan Islam sebagai Mustahik Zakat dari kelompok sabilillah.
Untuk menjawab permasalahan diatas, dilakukan upaya penelitian, sedangkan Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (library research). Sumber bahan primer dalam penelitian ini adalah pendapat Yusuf Qardhawi yang tertulis dalam kitab Fiqh al-Zakat Data yang telah terkumpul disusun, ditelaah kemudian dianalisis dengan menggunakan metode, Sedangkan data sekundernya meliputi data-data yang berhubungan dengan teori sabilillah dan Pusat Kegiatan Islam. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pendapat Yusuf Qardhawi mengenai diperbolehkannya Pusat Kegiatan Islam sebagai mustahik zakat dari kelompok sabilillah sudah sesuai dan dapat diterima. Sedangkan istinbath hukum yang dilakukan oleh Yusuf Qardhawi itu menggunakan model ijtihad insya’i atau tarjihi karena memang ulama-ulama sebelumnya belum pernah mengeluarkan pendapat mengenai Pusat Kegiatan Islam sebagai mustahik zakat dari kelompok sabilillah. Beliau menyamakan Pusat Kegiatan Islam tersebut dengan perang suci di jalan Allah (jihad fi sabilillah) dalam rangka menegakkan kalimat Allah, menyampaikan Islam yang benar, serta untuk membentengi akidah Islam dari kebohongan-kebohongan orang yang merusak, dan dari orang-orang yang ingin menghancurkan Islam.
Kemudian pendapat Yusuf Qardhawi ini Relevan dengan tantang zaman hal itu didasari dari alasan sebagai berikut. Pertama, karena mengingat zaman sekarang ini sudah tidak ada perang sebagaimana yang terjadi pada zaman dahulu, di saat agama Islam harus ditegakkan melalui cara berperang dengan mengangkat senjata, membunuh musuh-musuh Allah, dan dengan mengingat bahwa dunia kita sedang dalam pergumulan globalisme yang mencanangkan tidak ada kekerasan untuk seluruh umat manusia, maka dana untuk sabilillah sekarang ini harus dialihkan penyalurannya kepada bentuk lain dari jihad di jalan Allah. Bukan mereka yang mengangkat senjata tapi bagi mereka yang mengangkat pena, menuntut ilmu untuk mengibarkan bendera agama Allah di muka bumi ini. Kedua, karena Pusat Kegiatan Islam mampu memberikan pengaruh yang sangat kuat di masyarakat maka hal ini perlu dijadikan pusat pengembangan penyiaran Islam, karena tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini juga merupakan bagian dari usaha yang bertujuan untuk mengaplikasikan hukum Islam secara sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mustahik zakat; Yusuf Qardhawi; Pusat kegiatan Islam; Sabilillah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:02
Last Modified: 04 Dec 2021 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics