Analisis hukum Islam terhadap peran dewan pengawas syari’ah di lembaga keuangan syari’ah : studi kasus koperasi simpan pinjam pembiayaan syari’ah Nusa Ummat

Najwa, Bellia Sofiana (2020) Analisis hukum Islam terhadap peran dewan pengawas syari’ah di lembaga keuangan syari’ah : studi kasus koperasi simpan pinjam pembiayaan syari’ah Nusa Ummat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036072_BELLIA_SOFIANA_NAJWA] Text (SKRIPSI_1502036072_BELLIA_SOFIANA_NAJWA)
SKRIPSI_1502036072_BELLIA_SOFIANA_NAJWA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dewan Pengawas Syari’ah merupakan badan yang ada di lembaga keuangan syari’ah serta bertugas mengawasi terhadap penerapan fatwa DSN-MUI di lembaga keuangan syari’ah tersebut. Keberadaan Dewan Pengawas Syari’ah diharapkan mampu mengawal dan mengawasi akad-akad yang ada di lembaga keuangan syari’ah, agar seluruh kegiatan operasional berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah. KSPPS Nusa Ummat Sejahtera merupakan salah satu lembaga keuangan syari’ah yang telah memiliki Dewan Pengawas Syari’ah namun dalam praktiknya, kehadiran Dewan Pengawas Syari’ah di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera belum optimal.
Oleh karena itu Dewan Pengawas Syari’ah dalam menjalankan tugasnya harus berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh DSN-MUI. Permasalahan dalam penelitian ini : (1) Bagaimana peran Dewan Pengawas Syari’ah terkait dengan fungsi pengawasan yang ada di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Semarang?, (2) Bagaimana kesesuaian peran Dewan Pengawas Syari’ah di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Semarang menurut hukum islam?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan lokasi penelitian di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan menggunakan keputusan DSN-MUI Nomor 3 Tahun 2000 dan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 11 Tahun 2018 sebagai alat analisis.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Pertama, peran Dewan Pengawas Syari’ah di KSPPS Nusa Ummat Sejahtera Semarang masih belum optimal,Dewan Pengawas Syari’ah hanya sebagai pelengkap dalam struktur organisasi. Karena Dewan Pengawas Syari’ah disini secara struktural memang ada tetapi secara fungsional perannya belum optimal seperti anggota Dewan Pengawas Syari’ah tidak melakukan pengecekan atau review kembali setiap akad yang digunakan dan kurang aktif dalam pengawasan. Kedua, kesesuaian peran Dewan Pengawas Syari’ah menurut hukum islam yaitu keputusan DSN-MUI Nomor 3 Tahun 2000, masih ditemukan ketidaksesuaian dalam peran dan fungsi Dewan Pengawas Syari’ah dalam mengawasi kegiatan operasional KSPPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Dewan pengawas syari’ah; Lembaga keuangan syari’ah; Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah (KSPPS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:10
Last Modified: 04 Dec 2021 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics