Pengaruh marketing plan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja Koperasi Mahasiswa Walisongo UIN Walisongo Semarang

Ni'mah, Naily Fadhilatun (2021) Pengaruh marketing plan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja Koperasi Mahasiswa Walisongo UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026067_NAILY_FADHILATUN_NI’MAH] Text (SKRIPSI_1705026067_NAILY_FADHILATUN_NI’MAH)
1705026067_Naily fadhilatun Ni_mah_Tugas Akhir - Naily Nafa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses bisnis koperasi harus diiringi dengan program Pendidikan dan pelatihan bagi anggota, pengurus, pengelola, pengawas dan Pembina. Dengan diharapkan agar dapat menyelesaikan masalah kronis koperasi. Marketing Plan atau yang bisa disebut dengan perencanaan pemasaran merupakan elemen utama dalam penentuan perencanaan bisnis pada perusahaan. Marketing Plan selayaknya dibuat dalam bentuk tahunan yang difokuskan pada pengambilan keputusan yang berkaitan dengan Strategy Marketing dan Marketing mix, dimana pada tahap awal proses monitoringnya harus dilakukan secara berkala karena termasuk bagian dari proses perencanaan bisnis. Marketing terjadi dari tiga komponen penting yaitu perusahaan, karyawan/pelaku usaha dan konsumen. Dari ketiga komponen tersebut saling mempengaruhi dan dipengaruhi, jika saling mendukung maka akan mencapai kesuksesan usaha. Dengan demikian untuk mencapai profit yang berkelanjutan, dapat memperhatikan Marketing Plan serta kualitas SDMnya. Di lima tahun terahir, pendapatan kopma mengalami fluktuatif serta omset yang didapatkan masih dibawah RAPBK yang telah ditetapkan. Upaya untuk memulihkan pendapatan maka harus ada perencanaan pemasaran yang terbaru sesuai dengan masa perkembangan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Marketing Plan dan Kualitas SDM terhadap Kinerja Koperasi Mahasiswa Walisongo UIN Walisongo Semarang. Adapun jenis penelitiannya yaitu menggunakan Penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan dan sekunder. Metode kuisioner ditujukan kepada 30 responden, adapun analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh variable berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan usaha kopma walisongo. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,705 yang artinya Kinerja Koperasi dapat dijelaskan oleh factor variable Marketing Plan dan kualitas SDM sebesar 72,5%. Sedangkan 27,5% nya dijelaskan variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing plan; Kualitas SDM; Kinerja koperasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:43
Last Modified: 04 Dec 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics