Implementasi fatwa DSN-MUI no. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo

Rofi, Muhamad Mas (2020) Implementasi fatwa DSN-MUI no. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036074_Muhamad_Mas_Rofi] Text (Skripsi_1502036074_Muhamad_Mas_Rofi)
Skripsi_1502036074_Muhamad_Mas_Rofi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu tempat yang menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi berbagai masalah kesehatan, Seiring dengan perkembangan Rumah sakit yang ada di Indonesia, maka muncul konsep rumah sakit syari’ah yang merupakan rumah sakit yang menerapkan prinsip Syari’ah ke dalam kegiatan operasional rumah sakit. Rumah sakit syariah merupakan rumah sakit yang dalam pengelolaannya berdasarkan pada maqhosid syariah. Rumah Sakit Syari’ah hadir sebagai pilihan masyarakat sebagai tempat untuk berobat dengan nuansa Islami di Kabupaten wonosobo.
Namun dalam penyelenggaraannya, Rumah Sakit Syari’ah belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip Rumah sakit syari’ah sebagaimana terdapat dalam sebuah fatwa nomor 107 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi penyelenggaran Rumah Sakit syari’ah serta hambatan terhadap implementasi penyelenggaraan Rumah Sakit syari’ah di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian lapangan (field researsh). Dengan mengsingkronkan antara ketentuan Rumah sakit syari’ah yang ada di fatwa nomor 107 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah dengan bagaimana implementasi penyelenggaran Rumah Sakit syari’ah serta hambatan terhadap implementasi penyelenggaraan Rumah Sakit syari’ah di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo.
Hasil penelitian ini pertama, Secara umum implementasi prinsip-prinsip rumah sakit syariah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo menggunakan empat ketentuan wajib yang dilakukan dalam penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah yang tercantum dalam Fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016. Ketentuan tersebut yaitu akad, pelayanan, obat-obatan, makanan dan minuman, kosmetik dan bahan gunaan lainnya, serta pengelolaan dana. Kedua hambatan dalam menjaga dituasi dan kondisi rumah sakit yang islami dan masih termasuk rumah sakit yang baru dalam penerapan rumah sakit syariah seperti pembentukan beberapa SDI tetapi belum berjalan secara optimal serta belum berjalannya punishmen bagi SDI yang kurang mematuhi peraturan di rumah sakit syariah, hambatan terhadap implementasi penyelenggaraan Rumah Sakit syari’ah yang dilakukan oleh Rumah Sakit terdapat pada aturan Pasal 7 ayat 1 tentang Lembaga Keuangan Syariah yang belum sepenuhnya menggunakan lembaga keuangan syariah dan belum tercantumnya akad qordh yang tercantum dalam fatwa guna memenuhi kebutuhan terkait pendapatan obat obatan yang belum tersedia dalam rumah sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fatwa; Dewan Syariah Nasional (DSN); Majelis Ulama Indonesia (MUI); Pedoman penyelenggaraan rumah sakit; Rumah sakit syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:17
Last Modified: 04 Dec 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics