Tinjauan hukum Islam praktik tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pelaksanaan pembayaran zakat fitrah ibunya

Isnanizanuari, Eva (2020) Tinjauan hukum Islam praktik tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pelaksanaan pembayaran zakat fitrah ibunya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036078_Eva_Isnanianuari] Text (Skripsi_1502036078_Eva_Isnanianuari)
Skripsi_1502036078_Eva_Isnanianuari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Desa Demung Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak memiliki sebuah tradisi, mereka menyebutnya tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya. Tradisi tersebut dilakukan oleh ibu-ibu yang sedang mengandung apabila menjumpai bulan Ramadhan, maka ketika membayar zakat fitrah janin di dalam kandungan juga ikut di keluarkan zakatnya yaitu berupa sebutir telur. Tradisi ini bertujuan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang diberikan-Nya berupa anak, dan bertujuan agar diberi keslamatan bagi janin selama berada di dalam kandungan serta diberi kelancaran dan keselamatan pada saat proses melahirkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan terhadap praktik tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya di Desa Demung, dan tinjauan hukum Islam terhadap praktik tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya di Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah bentuk penelitian non doktrinal (Sosio-Legal). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris atau sosiologi hukum merupakan pendekatan dengan melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menyimpulkan persepsi masyarakat yang menyebutkan tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya, karena kebiasaan masyarakat yang beranggapan bahwa zakat janin tersebut di keluarkan bersamaan dengan zakat fitrah ibunya di bulan Ramadhan. Atas dasar ini praktik zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan zakat fitrah ibunya tidak sesuai dengan syarat zakat fitrah, berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, janin tidak wajib untuk di keluarkan zakatnya, selain itu ukuran zakat fitrah yang di keluarkan hanya sebutir telur. Jika dilihat dari pandangan ‘urf tentang persepsi masyarakat yang menyebutnya tradisi zakat fitrah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya, berdasarkan ‘urf shahih tradisi tersebut bertentangan dengan hukum Islam (Hadits Nabi Muhammad SAW). Sedangkan ‘urf fasid selain bertentangan dengan hukum Islam, dari syarat pengamalan adat, tradisi tersebut mengandung unsur maslahat, diterima baik oleh warga masyarakat, serta dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan masyarakat setempat, hanya saja persepsi masyarakat dalam penyebutannya kurang tepat atau tidak sesuai dengan teorinya. Jadi kesimpulannya tradisi tersebut bukan zakat fitrah sebutir telur bagi janin, tetapi tradisi tersebut adalah sedekah sebutir telur bagi janin dalam kandungan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah ibunya dan termasuk ‘urf shahih karena tradisi tersebut tidak bertentangan dengan nash (Al-Qur’an dan Sunnah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Tradisi; Zakat fitrah; Sedekah; Janin dalam kandungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:24
Last Modified: 04 Dec 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics