Unsur magis pada tari sintren dan relevansinya dengan aqidah : studi kasus Desa Cikendung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang

Alawiyah, Iis Sholikhatul (2021) Unsur magis pada tari sintren dan relevansinya dengan aqidah : studi kasus Desa Cikendung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704016049_IIS_SHOLIKHATUL_ALAWIYAH] Text (SKRIPSI_1704016049_IIS_SHOLIKHATUL_ALAWIYAH)
1704016049_IIS SHOLIKHATUL ALAWIYAH_FULL SKRIPSI - Iis Sholikhatul Alawiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Unsur Magi Pada Tari Sintren Dan Relevansinya Dengan Aqidah (Studi Kasus Desa Cikendung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang)” memiliki rumusan masalah bagaimana unsur magis dalam tari sintren di Desa Cikendung dan bagaimana relevansinya unsur magis dalam tari sintren dengan aqidah penari dan pawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur magis dalam tari sintren di Desa Cikendung dan mengetahui bahwa tari sintren mengandung unsur-unsur magis dan relevansinya dengan aqidah penari dan pawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan data-data sekunder dengan metode analisis pendekatan antropologi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kondisi aqidah pawang dan sintren tidak berubah, masih tetap meyakini adanya Allah SWT, melakukan syariat Islam, menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim. Tapi memang manusia kadang tumbuh rasa malas sehingga tidak bisa melakukan ibadah secara utuh. Seringnya berhubungan dengan hal-hal magis, bisa diambil pelajaran bahwa bisa dijadikan jadi bahan media penguatan diri dan keimanan seseorang dan membuat kekuatan baru pada seseorang bahwa kekuasan pencipta alam beserta isinya sangat lah tiada banding dan Maha segala-galanya yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tari Sintren; Magis; dan Akidah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools
100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools > 149 Other philosophical systems
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:25
Last Modified: 08 Dec 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics