Analisis terhadap kasus pencurian kakao oleh Minah menurut maqāṣid al-syarī’ah

Wildanah, Madinatul Munawwaroh (2020) Analisis terhadap kasus pencurian kakao oleh Minah menurut maqāṣid al-syarī’ah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1502026032] Text (SKRIPSI_1502026032)
1502026032_MadinatulMW_FullSkripsi - Madintul.m. wildanah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mengetahui tujuan hukum yang diturunkanNya adalah hal yang penting dalam kehiduan. Baik bagi orang awam maupun bagi ulama sendiri. Bagi orang awam, mengetahui maksud dari hukum ini membuat mereka paham bahwa agama ini betul-betul diturunkan untuk membawa kemaslahatan sebesar-besarnya bagi manusia dan alam semesta.
Skripsi ini mengkaitkan antara kasus pencurian kakao yang dilakukan nenek Minah dengan Maqāṣid al-syarī’ah. Banyak orang berpendapat dan menyayangkan bahwa perlakuan dan hukuman yang dijatuhkan kepada nenek Minah ini tidak sesuai kepada kebutuhan keadilan rakyat-rakyat kecil, lalu bagaimana jika dipandang dari segi Maqāṣid al-syarī’ah.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif berupa kajian studi pustaka (library research). Sifat penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif, terutama untuk mempertegas hipotesa-hipotesa agar dapat membantu didalam memperkuat teori-teori lama, atau didalam kerangka menyusun teori-teori baru. Sumber data menggunakan data primer dengan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan, pertama, meningkatkan kesejahteraan sosial sebagai salah satu hikmah dibalik hukum. Kedua, Pencurian 3 (tiga) biji kakao/cokelat dipandang dalam kacamata maqāṣid al-syarī’ah dan mengacu pada contoh kasus pencurian masa kepemimpinan khalifah Umar Ibn al-Khattāb dan pasal 362 KUHP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Maqāṣid al-syarī’ah; Minah; kakao.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:34
Last Modified: 04 Dec 2021 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics