Dakwah Kiai Amrullah Malik Shofi dalam mengembangkan pengamalan agama Islam pada santri di Pondok Pesantren Azziyadah Ketanggungan Kabupaten Brebes

Santika Dewi Ningrum, Ayu (2019) Dakwah Kiai Amrullah Malik Shofi dalam mengembangkan pengamalan agama Islam pada santri di Pondok Pesantren Azziyadah Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016081_AYU_SANTIKA_DEWI_NINGRUM] Text (SKRIPSI_1501016081_AYU_SANTIKA_DEWI_NINGRUM)
SKRIPSI_1501016081_AYU_SANTIKA_DEWI_NINGRUM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui dakwah Kiai Amrullah Malik Shofi dalam mengembangkan pengamalan agama Islam dipondok Pesantren Azziyadah Ketanggungan Kabupaten Brebes. (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dakwah Kiai Amrullah Malik Shofi dalam mengembangkan pengamalan agama Islam dipondok Pesantren Azziyadah Ketanggungan Brebes.
Kiai Amrullah Malik Shofi adalah salah seorang Kiai yang membawa perubahan besar terhadap dipondok Pesantren Azziyadah, beliau dikenal oleh sahabat nya sebagai seorang Kyai yang alim, dermawan, santun, bijaksana dan penyabar dengan ciri khas humor dalam kepribadianya tidak jauh beda dengan orang ayah nya KH. Zainal Asyiqin pendiri pandok Azziyadah .
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua sumber data primer dan sumber data sekunder. Tekhnik pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang diguna kan melalui tiga tahap model yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Temuan dalam penilitian meliputi: bahwa dakwah yang di terapkan Kiai Amrullah Malik Shofi di pondok pesantren Azziyadah adalah dakwah yang menerapkan prinsip keikhlasan disamping itu Kiai Amrullah Malik Shofi juga memiliki pengetahuan agama yang cukup luas sebagai dasar melaksanakan dakwahnya.
. Faktor Pendukung dakwah Kiai Amrullah yaitu karena kepribadian beliau baik dari sifat maupun sikap seperti berakhlak mulia, tanggung jawab, dan berpengetahuan luas akan ilmu agamanya serta ketulusan dan keikhlasan dalam menyampaikan dakwah kemudian beliau tidak mementingkan kepentingan pribadi, beriman kepada Allah, ramah, tawadhu’, sederhana, sabar dan memiliki jiwa toleran. Arus perubahan sosial budaya juga berpengaruh besar atau perkembangan Islam pada generasi muda sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah kiai; Pengamalan agama Islam; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.37 Sermons and preaching
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:58
Last Modified: 13 Dec 2021 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics