Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli lahan tambang pasir : studi kasus pertambangan di Desa Pegiringan Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang

Arief, Alwy (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli lahan tambang pasir : studi kasus pertambangan di Desa Pegiringan Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036091_ALWY_ARIEF] Text (SKRIPSI_1502036091_ALWY_ARIEF)
SKRIPSI_1502036091_ALWY_ARIEF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sejak dulu sampai sekarang penggalian potensi SDA (Sumber Daya Alam) dan mengangkat sektor pertambangan untuk pendapatan warga masyarakat Desa Pegiringan, maka bagi warga masyarakat yang memiliki lahan kosong di lokasi pertambangan di Desa Pegiringan melakukan jual beli kepada para penambang untuk digali dan dimanfaatkan kandungan pasirnya. Namun, jual beli lahan untuk pertambangan dengan sistem jual beli kandungan pasir juga bisa terjadi kecurangan, sama halnya dengan praktik jual beli pada umumnya.
Penelitian ini mengkaji bagaimana proses pelaksanaan dan akad yang digunakan dalam praktek jual beli lahan untuk penambangan yang dilakukan oleh pihak pengembang di Desa Pegiringan serta bagaimana Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap praktik jual beli kandungan pasir di Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ini adalah field research atau Penelitian lapangan yang dimana peneliti mengamati kondisi masyarakat dan juga mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang situasi yang ada ditempat. Penelitian juga bisa disebut dengan penelitian yuridis empiris yang mana penelitian ini fokus pada aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat. Dimana metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualtatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan dua hukum, yang pertama hukum Islam dan hukum positif di Indonesia. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli lahan pertambangan pasir dengan sistem jual beli kandungan pasir sama dengan jual beli pada umumnya dimana pembeli membeli lahan dan penjual menyerahkan lahan yang nantinya akan dikelola oleh pembeli untuk diambil kandungan pasirnya. Dilihat dari praktik jual belinya transaksi ini sudah memenuhi rukun dan syarat, sebagaimana menurut hukum Islam jual beli lahan untuk pertambangan dengan sistem jual beli kandungan pasir tersebut diperbolehkan meski terdapat unsur gharar. karena unsur gharar yang terjadi dalam jual beli tersebut sedikit dan tidak mendominasi. Selain itu, selama ini tidak ada masalah yang ditimbulkan dan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Lahan tambang pasir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:41
Last Modified: 04 Dec 2021 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics