Pengaruh potensi agrowisata dan kondisi lingkungan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan : studi kasus wisata Agro Jollong Kec. Gembong, Kab. Pati

Ulya, Liyal (2021) Pengaruh potensi agrowisata dan kondisi lingkungan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan : studi kasus wisata Agro Jollong Kec. Gembong, Kab. Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026069_LIYAL_ULYA] Text (SKRIPSI_1705026069_LIYAL_ULYA)
1705026069_Liyal Ulya_Lengkap Tugas Akhir - Liyal Ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dalam bidang pariwisata kepuasan adalah hal yang sangat penting. Karena untuk memberikan rasa puas pada wisatawan objek wisata harus mempunyai keunikan yang bisa menarik minat wisatawan dari segi objek maupun dari potensi yang nantinya akan memberikan suatu ciri khas terhadap tempat wisatawan tersebut dan juga kondisi lingkungan yang nantinya akan membuat wisatawan merasa nyaman. Dengan begitu ketika wisatawan merasa puas maka akan menimbulkan loyalitas para wisatawan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yaitu wisatawan yang sedang berkunjung di Wisata Agro Jollong. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel probability sampling yaitu dengan cara semua anggota populasi yang menjadi sampel diberikan peluang yang sama. Dan dalam penelitian ini data diambil dari penyebaran angket atau kuesioner kepada para wisatawan di Wisata Agro Jollong. Hasil olah data dalam penelitian ini yaitu secara parsial (uji t) persamaan pertama nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa potensi agrowisata terhadap kepuasan wisatawan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Pada variabel kondisi lingkungan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan karena signifikansinya berjumlah 0,281 > 0,05. Pada persamaan kedua pengaruh potensi agrowisata terhadap loyalitas wisatawan hasilnya berpengaruh negatif dan tidak signifikan dengan nilai signifikansinya sebanyak 0,688 > 0,05. Untuk pengujian pada variabel kondisi lingkungan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti ada pengaruh posistif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan. Pada variabel kepuasan wisatawan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai signifikansi sebanyak 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk uji F atau pengujian secara simultan pada variabel potensi agrowisata dan kondisi lingkungan terhadap kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan, dengan jumlah signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Begitu pula dengan variabel potensi agrowisata, kondisi lingkungan dan kepuasan wisatawan juga berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap loyalias wisatawan dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa potensi agrowisata dan kondisi lingkungan memiliki pengaruh terhadap loyalitas wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agrowisata; Lingkungan; Kepuasan; Loyalitas Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:31
Last Modified: 07 Dec 2021 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics