Kosmologi Jawa dalam upacara adat ruwat bumi guci di obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal

Hanifah, Umi (2021) Kosmologi Jawa dalam upacara adat ruwat bumi guci di obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704016009_Umi Hanifah_SKRIPSI LENGKAP] Text (1704016009_Umi Hanifah_SKRIPSI LENGKAP)
1704016009_UMI HANIFAH_ FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Umi Hanifah, 1704016009. Kosmologi Jawa dalam Upacara Adat Ruwat Bumi Guci di Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang, 2021.
Masyarakat Jawa sampai sekarang masih mempertahankan upacara tradisi-tradisi dari suku Jawa. Tradisi ini pada hakikatnya dilakukan untuk mensyukuri, menghormati para leluhurnya. Hal ini demikian dengan warga dukuh Pekandangan desa Rembul kecamatan Bojong serta desa Guci kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal. Mayoritas bermata pencaharian sebagai pedagang dan petani, memiliki tradisi yang disebut ruwat bumi guci. Ruwat bumi guci merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai bentuk menghormati para leluhur yang terdahulu. Selain itu, ruwat bumi memiliki tujuan tersendiri yaitu sebagai masyarakat jawa masih memegang kepercayaan istilah “tolak bala” untuk menyelamatkan dukuh Pekandangan desa Rembul serta desa Guci maka dilaksanakan upacara ruwat bumi yang dipahami dengan istilah membersihkan bahkan memelihara serta menyelamatkan diri dari mara bahaya dalam bentuk apapun.
Kajian yang jadi rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kosmologi jawa dalam upacara adat ruwat bumi guci di obyek wisata guci kabupaten Tegal? (2) Bagaimana relasi Tuhan, manusia dan alam dalam upacara adat ruwat bumi guci di obyek wisata guci kabupaten Tegal? Adapun metode penelitian skripsi ini memakai jenis penelitian lapangan (field Research) dengan metode pengumpulan data dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi dan dalam proses menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan dalam teori Miles serta Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam upacara ruwat bumi guci mengandung kosmologi yang ditelusuri berdasarkan interpretasi simbol dengan cara menguraikan dan menafsirkan makna simbol pada seluruh elemen yang terkandung dalam perlengkapan serta kelengkapan sesajian dan dalam hal ini upacara ruwat bumi guci mempunyai hubungan antara Tuhan dan Alam yang memiliki kesatuan sehingga sebagai manusia wajib melindungi kelestarian alam serta manembah (manunggal) dengan Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kosmologi; Kosmologi Jawa; Wisata Guci
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 130 Paranormal phenomena > 133 Parapsychology and occultism
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:54
Last Modified: 06 Dec 2021 05:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics