Nilai-nilai etika Jawa dalam tradisi pernikahan tembakau di Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang

Novita, Devia Dwi (2021) Nilai-nilai etika Jawa dalam tradisi pernikahan tembakau di Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704016014] Text (1704016014)
Devia Dwi Novita_1704016014_Skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tradisi pernikahan tembakau di Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang adalah wujud upacara tradisi dengan menikahkan dua jenis tembakau yang dilakukan masyarakat sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada Allah atas hasil panen yang melimpah serta untuk menjaga keseimbangan lingkungan lereng Gunung Sumbing. Tradisi ini sebagai upaya mewujudkan pelestarian warisan para leluhur yang biasa dilakukan setiap bulan safar. Tradisi juga sebagi bukti bahwa orang Jawa percaya terhadap adanya supranatural yang ada disekelilingnya. Setiap tradisi berkaitan erat dengan prosesi, yang mana disetiap prosesi terkandung makna dan nilai–nilai etika Jawa di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukkan makna yang terkandung disetiap prosesi tradisi pernikahan tembakau bagi masyarakat Genito. Penelitian dilakukan guna untuk memperoleh pengetahuan mengenai nilai etika Jawa yang terkandung pada tradisi pernikahan tembakau dan untuk memperluas wawasan tentang etika Jawa bagi masyarakat Genito. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode analisi data yang memusatkan perhatian kepada tradisi Susruk Wangan itu dan kemudian data yang diperoleh itu di olah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya dan menerapkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian mempergunakan sumber data dari para informan yang baik yang berpartisipasi dan memahami mengenai tradisi pernikahan tembakau, yaitu masyarakat, tokoh-tokoh dan buku-buku yang mendukung penelitian.
Dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian bahwa tradisi pernikahan tembakau di desa Genito mengandung bagian yang penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat setempat dan tradisi pernikahan tembakau mengandung makna yang menjelaskan tentang simbol-simbol, norma-norma serta nilai-nilai luhur bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Nilai etika Jawa yang terkandung di dalam tradisi pernikahan meliputi sikap hormat (saling menghormati), kerukunan, nilai musyawarah, nilai silaturahim, toleransi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Etika Jawa; Tradisi; Pernikahan Tembakau
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:14
Last Modified: 06 Dec 2021 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics