Pemahaman aqidah Islam dalam perspektif mahasiswa Aqidah Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang angkatan 2017, 2018, dan 2019

Basri, Mustofa (2021) Pemahaman aqidah Islam dalam perspektif mahasiswa Aqidah Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang angkatan 2017, 2018, dan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1704016015_MUSTOFA BASRI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1704016015_MUSTOFA BASRI_SKRIPSI LENGKAP)
1704016015_Mustofa Basri_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Aqidah merupakan kepercayaan/keyakianan seseorang yang ada didiri manusia, di dalam hati manusia juga menghubungkan dengan cara hidup di masa depan manusia tanpa manusia menduga kebenaran maupun kesalahan. Aqidah juga bisa disebut sebagai keimanan yang kuat di dalam hati dan keyakinan yang baik. Aqidah itu tidak harus memahami saja, akan tapi harus dipraktekkan melalui kehidupan atau aktivitas karena teori dan dihafal di luar kepala itu tidak cukup, untuk itu melakukan suatu ajaran-ajaran agama dapat menjadikan aqidah yang bener-benar dapat berperan dalam kehidupan di dunia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Adakah perubahan dalam pemahaman aqidah Islam dalam perspektif, dan faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman aqidah Islam dalam Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang angkatan 2017, 2018, dan 2019 dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah research dengan menyusun riset metodologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang terdiri hasil interview dengan mahasiswa aqidah dan filsafat Islam, data dari fakultas Ushuluddin dan Hunamiora dan sumber data sekundernya yaitu : buku, karya ilmiah, dokumen-dokumen resmi dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian ini. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Akan tetapi metode yang digunakan dalam analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dengan menyampaikan kembali data yang sudah ada dalam penelitian.
Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan dan faktor pemahaman dalam pembelajaran mahasiswa aqidah filsafat dan Islam mengenai matakuliah aqidah Islam yaitu : 1) pengetahuan keagamaan yang baik, untuk itu dengan adanya pengetahuan mahasiswa aqidah dan filsafat Islam dapat mengembangkan pengetahuannya dimasyarakat. 2) keaktifan (berbicara dalam diskusi) di kelas, sehingga dengan adanya mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran, maka mahasiswa yang gaduh akan ikut-ikut aktif dalam pembelajaran dan mahasiswa bisa saling tukar-menukar dalam mengembangkan ide-idenya yang hasil pemikirannya melalui diskusi. 3) etika berbicara dan etika ibadah, untuk itu adanya etika yang baik mahasiswa dapat menjalankan kehidupan sehari-harinya lebih baik lagi. dan 4) faktor dukungan orang tua. 5) faktor dukungsn bapak/ibu dosen. 6) faktor dukungan lingkungan kampus. Dan 7) faktor pengaruh dari teman. Dengan adanya perubahan dalam pemahaman dalam pembelajaran matakuliah aqidah mahasiswa dapat lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Islam; Mahasiswa UIN Walisongo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:17
Last Modified: 06 Dec 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics