Analisis hukum Islam terhadap praktik bagi hasil antara driver dengan PT Gojek Semarang

Uluum, Gholaa (2020) Analisis hukum Islam terhadap praktik bagi hasil antara driver dengan PT Gojek Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036093_GHOLAA_ULUUM] Text (SKRIPSI_1502036093_GHOLAA_ULUUM)
SKRIPSI_1502036093_GHOLAA_ULUUM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Gojek selama kurang lebih tiga tahun belakangan ini menjadi salah satu aplikasi yang sedang diminati oleh banyak orang. Selain memberikan barbagai macam pelayanan pada para penggunanya, Gojek juga memberikan satu wadah untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberikan kesempatan pada setiap orang untuk bergabung menjadi mitra Gojek untuk membantu memberikan pelayanan kepada para konsumennya. Dalam hubungan kemitraan antara Gojek dengan mitranya diikat dalam sebuah ikatan perjanjian yang harus disetujui oleh mitra driver dan perjanjian tersebut harus dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan operasional mitra driver memberikan pelayanan pada konsumen. Yang menjadi latar permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah perlunya peninjauan kembali atas akad apa yang digunakan oleh pihak-pihak yang berakad, melihat terdapatnya kekurangan dalam akad kerjasama atau musyarakah dalam tulisan atau penelitian-penelitian sebelumnya. Dalam skripsi ini penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan yakni, 1. Bagaimana akad kerjasama yang terjadi antara oleh PT. Gojek dengan driver? 2. Bagaimana analisis pembagian hasil usaha antara PT. Gojek dengan driver?
Dalam penelitian ini jenis penelitan yang diguakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak mitra driver, yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis yang menggambarkan suatu keadaan tertentu dengan proses penyederhanaan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, akad yang digunakan setelah dianalisis lebih dalam adalah akad ijarah dilihat dari rukun dan syaratnya akad yakni sighat yang telah yang telah sesuai dengan akad ijarah, yakni PT. Gojek sebagai ‘Ajir, pihak mitra sebagai Musta’jir, aplikasi, atribut dan jasa dari pihak driver yang dijadikan sebagai objek akadnya dan ujrah atau upah sesuai yang telah disepakati kedua belah pihak. Dalam temuannya pihak Gojek dan mitranya sekaligus dapat disimpulkan melakukan ijarah bil manfaat dan ijarah bil ujrah dalam satu akad ijarah. Kedua, bagi hasil usaha atau pembayaran ujrah diantara mereka telah disepakati sebesar 20% sebagai biaya jasa atas aplikasi yang dikelola driver dan 80% untuk biaya jasa driver. Akan tetapi, PT. Gojek sebagai ‘Ajir telah menegaskan dalam perjanjiannya bahwa pihak mitra dilarang mengambil orderan selain dari aplikasi sellain gojek baik online maupun offline dan hal ini lah yang menjadi penyebab cacatnya akad karena sebagian mitra driver mengambil orderan diluar aplikasi Gojek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Hukum Islam; Bagi hasil; Driver; Perusahaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:49
Last Modified: 06 Dec 2021 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14267

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics