Praktik sewa menyewa pohon durian dalam perspektif hukum Islam : studi kasus di Desa Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Nusantara, Kurniawan Mega (2021) Praktik sewa menyewa pohon durian dalam perspektif hukum Islam : studi kasus di Desa Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036097_KURNIAWAN_MEGA_NUSANTARA] Text (SKRIPSI_1502036097_KURNIAWAN_MEGA_NUSANTARA)
SKRIPSI_1502036097_KURNIAWAN_MEGA_NUSANTARA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam praktik sewa menyewa pohon durian merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan masyarakat Desa Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, aktivitas sewa menyewa ini disebabkan oleh sebagian masyarakat yang memiliki pohon durian. Akad yang digunakan dalam perjanjian tersebut adalah akad secara lisan. Risiko yang timbul selama perjanjian pun ditanggung oleh pihak penyewa. Sewa menyewa akan berakhir apabila salah satu pihak tidak memperpanjang waktu sewa karena alasan tertentu, seperti ketidakmaksimalan pohon durian yang berbuah.
Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana praktik akad sewa menyewa pohon durian di Desa Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa pohon durian di Desa Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dalam fakta yang sebenarnya, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggali data yang didapat dari sumber lokasi penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 2 simpulan yaitu (1) praktik sewa menyewa yang dilakukan oleh masyarakat desa Desa Pakintelan Kecamaan Gunungpati Kota Semarang berdasarkan Gerakan social untuk saling membantu masyarakat sekitar, (2) sewa menyewa yang dilakukan masyarakat Desa Pakintelan Kecamaan Gunungpati Kota Semarang. Sudah sesuai dengan syarat dan rukun islam karena memenuhi 3 rukun sewa menurut DSNMUI (DSN MUI) 112/DSN/MUI/IX/2017 yaitu : 1. Adanya ijab dan qobul dari Pihak yang melakukan akad, 2. Pihak yang melakukan akad dan 3. Objek akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sewa menyewa; Pohon durian; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:25
Last Modified: 06 Dec 2021 08:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics