Persepsi ulama’ Pati jual beli tokek di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Pradana, Wahyu Aji (2020) Persepsi ulama’ Pati jual beli tokek di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036104_Wahyu_Aji_Pradana] Text (Skripsi_1502036104_Wahyu_Aji_Pradana)
Skripsi_1502036104_Wahyu_Aji_Pradana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tentunya dalam kehidupan bermasyarakat tidak terlepas dari hubungan sesama manusia atau mu’amalāh untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam Islam salah satu tujuan jual beli tidak lain adalah rasa tolong-menolong dengan sesama. Diantaranya yang dilakukan di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati masih menjualbelikan tokek yang secara kasat mata terlihat menjijikkan dan termasuk hewan melata yang mempunya sisik menutupi seluruh tubuhnya, tetapi di tangan Bapak Sejo tokek menjadi bermanfaat dan bernilai jutaan rupiah. Proses menangkapnya pun mudah, pemburu tokek menangkap tokek pada dinding rumah-rumah warga sekitar atau di pohom-pohon menggunakan bambu runcing yang atasnya diberi getah sebagai pelekat. Sekarang tokek dicari dan diburu warga karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Alasan itulah yang dipakai masyarakat yang mengutamankan mencari tokek sebagai mata pencaharian sehari-harinya. Dalam hukum Islam, apalagi kita bermazhab Syafi’i, sudah jelas bahwa jual beli hewan melata dan benda tidak suci itu tidak sah.
Berdasarkan masalah diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hukum jual beli tokek menurut empat Mazhab? dan Bagaimana pandangan hukum KH. Abdul Hadi Kurdi terhadap jual beli tokek di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati ?.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi mengenai fakta-fakta serta fenomena yang diselidiki apakah sesuai dengan hukum Islam. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, interview, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, jual beli tokek menurut Mazhab Hanafi hukumnya mubah (boleh), karena bermanfaat. Kemudian menurut Mazhab Maliki hukumnya makruh meskipun bermanfaat. Sedangkan menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hambali hukumnya haram, karena tidak suci dan menjijikkan. Kedua, pandangan hukum KH. Abdul Hadi Kurdi tentang jual beli tokek adalah mubah (boleh). Beliau adalah Ulamā’ Desa Kertomulyo yang menggunakan salah satu metode iṣtinbath hukum Islam yang banyak dikenal dalam kajian Uṣhul Fiqh yaitu Qiyaṣ. KH. Abdul Hadi Kurdi menyamakan suatu hukum dari peristiwa yang sudah memiliki hukum sebelumnya. Menariknya lagi, KH. Abdul Hadi Kurdi pernah mengikuti Forum Diskusi Ulamā’ dalam Majlis Bahṣul Maṣail di Jakenan Kabupaten Pati yang membahas tentang jual beli Jangkrik. Pada awalnya jual beli Jangkrik tidak dibolehkan, tetapi setelah perdebatan panjang akhirnya membolehkan karena unsur manfaat. Sama halnya dengan pandangan KH. Abdul Hadi Kurdi dengan jual beli tokek, jika terdapat manfaat maka boleh dijualbelikan, apalagi dapat membantu perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Tokek; fatwa ulama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2021 05:09
Last Modified: 07 Dec 2021 05:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics