Penciptaan manusia satu dimensi dalam teknologi e-commerce

Hidayatullah, Ahmad (2021) Penciptaan manusia satu dimensi dalam teknologi e-commerce. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704016055_AHMAD_HIDAYATULLAH] Text (SKRIPSI_1704016055_AHMAD_HIDAYATULLAH)
1704016055_Ahmad Hidayatulloh_Full Skripsi - Ahmad Hiday.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Karya tulis ini berjudul “Penciptaan Manusia Satu Dimensi dalam Teknologi E-Commerce”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penciptaan manusia satu dimensi dalam teknologi e-commerce yang terjadi di masyarakat modern dengan menggunakan pemikiran Herbert Marcuse. Adapun Alasan pemeriksaan ini adalah untuk melihat dan sekaligus menyelidiki bagaimana teknologi e-commerce menciptakan sebuah pola kehidupan satu dimensi. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kapustakaan dengan menggunakan teknik deskriptif interpretsi.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa teknologi e-commerce merupakan salah satu bentuk pengontrolan kapitalisme dengan menciptakan pola kehidupan satu arah (one dimension) melalui administrasi total, bahasa fungsional, penghapusan sejarah, kebutuhan palsu dan imperium citra. Teknologi e-commerce berperan menghegemoni total atau integral manusia dan mengikat manusia dalam ruang satu dimensi. Masyarakat modern telah menjadi budak, bawahan, dan tunduk pada item sosial yang satu ini, khususnya teknologi e-commerce dan itemnya. Logika, secara etis tentang sudut pandang positif atau negatif telah dikendalikan, dikelola atau diarahkan tanpa disadari. Teknologi e-commerce mendorong gaya hidup seolah-olah ideal dan puas dengan teknologi ini. Tanpa memahami bahwa kepuasan, kesenangan, kecepatan, dan kenyamanan teknologi e-commerce dimaksudkan untuk mengendalikan kesadaran individu. Masyarakat menjadi tidak sehat, pasif, hilang sikap kritis dan represif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manusia satu dimensi; teknologi e-commerce; masyarakat modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:59
Last Modified: 08 Dec 2021 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics