Tinjauan hukum Islam terhadap penetapan bagi hasil dalam akad mudharabah pada usaha foto copy : studi kasus pada usaha Foto Copy Regina, Foto Copy Asri dan Foto Copy Mandiri, di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Kolifaturohmah, Siti Nur (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap penetapan bagi hasil dalam akad mudharabah pada usaha foto copy : studi kasus pada usaha Foto Copy Regina, Foto Copy Asri dan Foto Copy Mandiri, di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036105_Siti_Nur_Kolifaturohmah] Text (Skripsi_1502036105_Siti_Nur_Kolifaturohmah)
Skripsi_1502036105_Siti_Nur_Kolifaturohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan usaha foto copy (foto copy Regina, Asri dan Mandiri) pemilik melakukan kerja sama dengan cara memberi modal dan kepercayaan kepada pengelola untuk mengelola foto copy (foto copy Regina, Asri dan Mandiri) dengan modal sepenuhnya dari pemilik foto copy yang diserahkan kepada pengelola dan bagi hasil (mudharabah) yang diterapkan dalam foto copy tersebut ialah shahibul maal memberikan modalnya kepada ketiga mudharib untuk dikelola berupa usaha fotocopyan, bagi hasil yang diterapkan menggunakan cara mudharib harus membagi hasil usahanya tersebut secara perbulan dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh shahibul maal. Shahibul maal tidak memberikan keringanan untuk para mudharib walaupun mudharib mengalami kerugian. Jika mengacu pada Syari’at Islam, hususnya akad mudharabah, seharusnya setoran yang diberikan terlebih dahulu harus dikalkulasikan atau dihitung dan disesuaikan dengan kondisi terlebih dahulu sebelum membayar laba. Berdasarkan latar belakang demikian, penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: pertama, Bagaimana pelaksanaan akad mudharabah pada usaha Foto Copy Regina, Foto Copy Asri dan Foto Copy Mandiri, di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan bagi hasil pada foto copy di Ngaliyan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Secara hukum, penelitian ini juga sering disebut penelitian normative empiris. Sedangkan terkait dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan berupa metode dokumentasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Adapun hasil dari penelitian menyatakan bahwa: pertama, terkait dengan pelaksanaan akad mudharabah pada foto copy di Ngaliyan sudah sesuai dengan rukun dan syarat akad mudharabah. Kedua, sistem bagi hasil pada foto copy di Ngaliyan tidak sesuai syariat Islam. Sebab pembagian keuntungannya dalam bentuk nominal yang sudah di tentukan oleh shahibul maal. Sebelum di persentasekan terlebih dahulu, karena dalam syariat Islam seharusnya bagi hasilnya dalam bentuk persentase.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Bagi hasil; Akad mudharabah; Usaha foto copy
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2021 06:12
Last Modified: 07 Dec 2021 06:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics