Problematika jual beli dedak ditinjau dari fikih muamalah di pabrik penggilingan padi Desa Jatilaba Kecamatan Margasari

Ernilawati, Titin Nur (2021) Problematika jual beli dedak ditinjau dari fikih muamalah di pabrik penggilingan padi Desa Jatilaba Kecamatan Margasari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036110_Titin_Nur_Ernilawati] Text (Skripsi_1502036110_Titin_Nur_Ernilawati)
Skripsi_1502036110_Titin_Nur_Ernilawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli harus memenuhi syarat dan rukunnya, salah satunya dalam jual beli itu harus memenuhi syarat yaitu berupa barang yang harus diperjualbelikan harus milik sendiri bukan milik orang lain. Lain halnya seperti yang terjadi di desa Jatilaba kecamatan Margasari Kabupaten Tegal para petani yang menggilingkan padinya ke pabrik penggilingan padi, dedaknya menjadi milik pabrik penggilingan padi.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka permasalahan dalam penulisan skripsi ini akan menggambarkan tentang: 1) Bagaimana proses jual beli dedak hasil dari pabrik penggilingan padi diDesa Jatilaba Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal? 2) Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dedak di Desa Jatilaba Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fild Research).Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawacara (Interview) terhadap pemilik pabrik penggilingan padidan konsumen.Dukumentasi yang digunakan berupa dokumen-dokumen baik dokumen yang berasal dari dokumentasi pabrik penggilingan padimaupun dokumen yang lainnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan cara berfikir induktif.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses jual beli dedak di pabrik penggilingan padi Desa Jatilaba Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tidak terdapat akad perpindahan hak milik yang jelas sehingga hukum jual belinya belum sesuai dengan syariat Islam karena jual beli tersebut tidak memenuhi rukun dan syarat sah jual beli dan barang yang dijual belikan oleh pihak pabrik penggilingan sifatnya gharar atau tidak adanya kejelasan barang, dalam segi hak milik barang tersebut masih milik pelanggan pabrik penggilingan padi. Maka hal tersebut merugikan pihak pelanggan penggilingan padi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Dedak; Fikih muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2021 06:19
Last Modified: 07 Dec 2021 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics