Analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan borongan : studi kasus di sentra pemotongan bawang merah di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati

Najikah, Inayatun (2020) Analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan borongan : studi kasus di sentra pemotongan bawang merah di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036112_INAYATUN_NAJIKAH] Text (SKRIPSI_1502036112_INAYATUN_NAJIKAH)
SKRIPSI_1502036112_INAYATUN_NAJIKAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) tentang “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Borongan (Studi Kasus di Sentra Pemotongan Bawang Merah di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati)”. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana praktik pengupahan borongan pemotongan bawang merah dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan borongan di sentra pemotongan bawang merah yang ada di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.
Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu memahami apa yang dijalani oleh subjek penelitian. Kemudian data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskripsi analitis yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah dipahami dan mendapatkan kesimpulan yang jelas dasar faktualnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: praktik pengupahan borongan di sentra pemotongan bawang merah di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati sepenuhnya dikendalikan oleh pemilik bawang merah. Tidak ada keterlibatan pekerja dalam proses pemberian upahnya. Kedua: analisis hukum Islam terhadap praktik pengupahan borongan di sentra pemotongan bawang merah di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati sudah terpenuhi rukun-rukunnya berdasarkan konsep pengupahan Islam (ijārah) yaitu adanya ‘aqid, upah, objek akad, dan ijab qabul. Meskipun pada proses penimbangan para pekerja tidak melihat sendiri, namun karena kegiatan ini atas dasar saling merelakan dan percaya antara pekerja dan pemilik bawang merah, maka hukumnya diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Upah; Borongan; Pekerja; Sentra pemotongan bawang merah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Dec 2021 06:27
Last Modified: 07 Dec 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics