Analisis putusan Pengadilan Negeri Slawi No.8/Pdt.G/2019/PN Slw tentang perkara gugatan wanprestasi atas kontrak kerja konstruksi jalan antara C.V Raffi Persada dan Pemda Slawi

Nisela, Dita (2020) Analisis putusan Pengadilan Negeri Slawi No.8/Pdt.G/2019/PN Slw tentang perkara gugatan wanprestasi atas kontrak kerja konstruksi jalan antara C.V Raffi Persada dan Pemda Slawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502056065_Dita Nisela_Skripsi Lengkap] Text (1502056065_Dita Nisela_Skripsi Lengkap)
1502056065_Dita Nisela_Full Skripsi (1)-converted - Dita Nisela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Ketentuan umum dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang jasa konstruksi, dan mulai berlaku satu tahun kemudian yaitu pada tanggal 7 Mei 2000.Undang– undang tentang jasa konstruksi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kontrak kerja konstruksi adalah keseluruhan dokumen yang mengatur hukum antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi. Perjanjian Kontrak Untuk Melaksanakan Paket Pekerjaan Konstruksi Kegiatan Peningkatan Jalan Di Kecamatan Bojong Dan Bumijawa Tahun Anggaran 2015, Pekerjaan Pengaspalan Jalan Di Sumbaga-Carul Bumijawa dibuat dalam bentuk kontrak baku yang berisi perjanjian pemborongan antara penyedia jasa dan pengguna jasa untuk melaksanakan,menyelesaikan dan memelihara pekerjaan pada jasa konstruksi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam kasus jasa kontruksi antara Cv Raffi persada dengan Pemda Slawi. Dalam penelitian ini menggunakan putusan Mahkamah Agung No.8/Pdt.G/2019/PN Slw yaitu sengketa antara Cv.Raffi persada sebagai penyedia jasa (Termohon Kasasi/Penggugat) melawan Kepala Dinas Pekerjaan Umum(Para Pemohon/tergugat).
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menganalisis pertimbangan hakim dan dikaitkan dengan peraturan perundang -undangan di bidang jasa konstruksi. Penulisan dalam analisis putusan ini menggunakan pendekatan pendekatan kasus (case approach).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mengenai hasil Putusan Nomor 8/Pdt.G/2019/PN Slw atas perkara Perkara Gugatan wanprestasi Atas Kontrak Kerja Konstruksi Jalan Antara C.V Raffi Persada dan Pemda Slawi. Pengguna jasa telah melakukan wanprestasi, atas perjanjian yang sudah ditandatangani dan disepakati oleh kedua belah pihak. Pejabat memiliki kekurangan pembayaran kepada penyedia jasa yaitu Cv Raffi Persada.Hak dan kewajiban di dalam ketentuan yang tidak sesuai dengan apa yang diperjanjikan harus di pertanggung jawabkan untuk memenuhi Hak dan kewajiban penyedia jasa dan pengguna jasa tersebut agar sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi kontrak kerja; Konstruksi pengguna jasa; Penyedia jasa
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 13 Dec 2021 10:24
Last Modified: 13 Dec 2021 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics