Analisis hukum Islam terhadap jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2021

Shofiyulloh, Ahmad (2021) Analisis hukum Islam terhadap jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036126_Ahmad_Shofiyulloh] Text (Skripsi_1502036126_Ahmad_Shofiyulloh)
Skripsi_1502036126_Ahmad_Shofiyulloh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal yaitu penjual tanah urug; UD Satrio Mulyo menjual tanah kepada supplier (pemborong pengurugan) dan supplier menjual tanah tersebut kepada sopir dam dan mewajibkan sopir dam tersebut untuk menjual kembali kepada supplier tersebut. Dalam jual beli tanah urug di perumahan Alfa Asri Kendal, satu orang menjadi pelaku penjual sekaligus pembeli dalam jual beli tersebut sopir truck harus membeli tanah urug di supplier dan harus menjualnya lagi ke supplier tersebut dan yang menentukan harga beli dan harga jual adalah supplier.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis praktek jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2020 menurut hukum positif. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis praktek jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2020 menurut hukum Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) berbentuk kualitatif, dengan sumber data primer yaitu pihak pimpinan dan pegawai Perumahan Alfa Asri Kendal, dan sopir truck dengan menggunakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subyek sebagai sumber informasi yang dicari dan sumber data sekunder yaitu buku-buku, jurnal dan artikel yang terkait dengan jual beli dengan hak penjual membeli kembali. Data dikumpulkan melalui Interview dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Praktek jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2020 menurut hukum positif adalah boleh kaena terjadi perikatan kedua belah pihak yang saling suka rela dan tidak ada unsur merugikan kedua belah pihak yaitu supplier dan sopir truk, dan terpenuhinya syarat dalam pasal 1320 KUH Perdata yang terdiri dari kata sepakat, kecakapan, hal tertentu dan sebab yang halal, sedangkan hak penjual yang boleh membeli kembali barang yang telah di jual pada pembeli dalam praktek ini tidak bertentangan dengan hukum dan sesuai dengan Pasal 1532 KUH Perdata kuasaan untuk membeli kembali barang yang telah dijual diterbitkan dari suatu janji, dimana si penjual diberikan hak untuk mengambil kembali barangnya yang dijual, dengan mengembalikan harga pembelian asal dengan disertai penggantian, dalam hal ini jasa angkut. 2) Praktek jual beli tanah urug di Perumahan Alfa Asri Kendal tahun 2020 menurut hukum Islam memenuhi syarat dan rukun jual beli yaitu adanya orang yang berakad, sighat, mahal al-'aqd dan ada nilai tukar pengganti barang. Selain itu juga terpenuhinya syarat syarat in'aqad; syarat shihhah; syarat nafadz, dan syarat luzum. Kaitannya dengan hak membeli kembali barang yang telah dijual menurut tidak terkait dengan riba dan unsur utang piutang dengan penanggulan yang menyebabkan riba, bahkan pihak sopir sebagai pihak pembeli tidak terbebani dengan model jual beli tersebut malah memperoleh keuntungan, sopir seperti menjual jasa angkut dari jual beli tersebut dan tidak ada modal yang dikeluarkan oleh para sopir yang nantinya menjadikan tambahan tersebut riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Tanah urug
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:10
Last Modified: 08 Dec 2021 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics