Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli senjata (benda maya) game online jenis Utopia Origin

Hasanah, Muhawarotul (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli senjata (benda maya) game online jenis Utopia Origin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036135_muhawarotul_hasanah] Text (Skripsi_1502036135_muhawarotul_hasanah)
Skripsi_1502036135_muhawarotul_hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi telah membawa pengaruh` yang cukup besar dalam dimensi kehidupan dan kegiatan umat manusia. Media pemasaran jual beli merambah di internet karena dianggap jangkauannya yang lebih luas dan lebih besar. Melalui internet, dunia jual beli (business) telah memasuki era baru. Bermodalkan personal computer dan koneksi internet, masyarakat tidak perlu lagi susah payah berkeliling di tempat perbelanjaan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Tak hanya media pemasaran yang berkembang, jual beli sekarang ini juga merambah ke sektor lain yaitu property virtual pada game online. Property virtual yang tidak memiliki wujud dalam dunia nyata, hal menjadikannya sulit diintefikasi oleh panca indra manusia. Internet juga memasuki dunia hiburan salah satunya adalah game. Game online menjadi sangat popular di kalangan masyarakat. Popularitas game online tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan semata, akan tetapi juga dijadikan objek komersialisasi untuk meraup keuntungan yang besar. Islam tidak mempermasalahkan perkembangan era baru dalam jual beli selama rukun dan syarat jual beli terpenuhi. Akan tetapi, sebagai objek yang baru masuk dalam lingkaran perdagangan, game online yang pada realitanya memperjualbelikan sebuah benda maya (virtual) yang terdapat dalam game online jenis Utopia Origin harus dikaji lebih dalam apakah rukun dan syaratnya terpenuhi menurut hukum Islam.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu. Bagaimana mekanisme transaksi jual beli item (benda maya) pada game online jenis Utopia Origin dan tinjauan hukum Islam terhadap jual beli senjata game online jenis Utopia Origin.
Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian deskriptif analisis, di mana data yang diperoleh bersumber dari penelitian lapangan, penelitian kepustakaan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa, mekanisme transaksi pada game online biasanya dilakukan via online yaitu melalui aplikasi chatting dan bertemu dalam area permainan game online. Para pihak bernegosiasi untuk kesepakatan harga dan kemudian melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening yang telah disetujui. Setelah itu penjual menyerahkan item dengan cara meng-klik pada human (pembeli) tersebut dalam game kemudian klik pada tulisan “trade” kemudian secara otomatis item pun akan berpindah dari akun penjual ke pembeli. Tinjauan hukum Islam mengenai jual beli senjata (benda maya) game online jenis Utopia Origin ini menimbulkan adanya akad yang fasad (rusak) sehingga jual beli batal dikarenakan syarat objek pada praktik transaksi jual beli item game online tidak terpenuhi dan menyalahi syarat sah jual beli dikarenakan proses transaksi, penyerahan barang, serta penentuan harga yang dilakukan secara online yang pada dasarnya mengandung unsur garar fahiṣ yaitu barang yang diserahkan tidak sama seperti spesifikasi yang dijanjikan dan bendanya yang tidak nyata maupun kepemilikan barang yang tidak jelas (garar). Segala jual beli yang mengandung unsur garar yang bertentangan dengan hukum Islam. Sebab dapat mengubah nilai tolong menolong menjadi kezaliman. Menurut hukum Islam game online tidak dapat dijadikan objek jual beli karena tidak mencukupi syarat objek, yaitu objeknya harus dapat dimanfaatkan secara syara’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Senjata; Benda maya; Game online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:25
Last Modified: 08 Dec 2021 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics