Analisis al-‘urf terhadap kebiasaan jual-beli material tanah sawah sewa di Desa Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak

Wicaksono, Eko (2021) Analisis al-‘urf terhadap kebiasaan jual-beli material tanah sawah sewa di Desa Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036137_eko_wicaksono] Text (Skripsi_1502036137_eko_wicaksono)
Skripsi_1502036137_eko_wicaksono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, ia tidak bisa hidup seorang diri tanpa kehadiran orang lain di sekitarnya. Hidup berdampingan dengan orang lain menyebabkan terjadinya interaksi sesama manusia yang saling membutuhkan, di dalam islam mengatur adanya hubungan antara manusia dengan manusia lain yang disebut muamalah. Salah satu praktik muamalah dalam kehidupan sehari-hari sewa menyewa atau dalam islam disebut dengan ijārah, ijārah dapat diartikan sebagai jual-beli manfaat suatu barang atau jasa. Di desa mlaten mijen demak terdapat transaksi jual-beli material tanah sawah sewa yang telah terjadi sejak lama, karena diperlukannya perbaikan lahan untuk mendapatkan hasil panen yang di inginkan. Akan tetapi diperlukannya peninjauan hukum islam terhadap kebiasaan yang telah terjadi sejak lama di desa mlaten.
Penelitian ini dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian lapangan atau field research yang perolehan data penelitiannya langsung dari pemberi data. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi maupun dokumentasi. Sumberdata yang digunakan yaitu sumber data primer yang didapat dari wawancara narasumber terkait dan perangkat desa setempat serta data sekunder sebagai data penunjang penelitian ini berupa dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama akad sewa menyewa sawah yang dilakukan di desa mlaten demak adalah akad sewa menyewa pada umumnya. Dalam praktiknya, akad sewa-menyewa di desa mlaten memiliki kebiasaan menjual material tanah sawah sewa di luar akad sewa menyewa. Pemilik lahan memaklumi adanya praktik tersebut karena sawah yang dimiliki tidak beralih fungsi dan meyakini bahwa petani tidak akan merusak lahan pertanian. Kedua, analisis Al-‘urf terhadap praktik tersebut diperbolehkan karena dari pemilik sawah telah memaafkan dan tidak mempermasalahkan adanya praktik tersebut, tidak adanya pihak yang merasa dirugikan dalam kebiasaan praktik jual-beli matrial tanah sawah sewa, maka kebisaan tersebut diperbolehkan secara Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: ‘Urf; Kebiasaan; Jual-beli; Material tanah; Sewa menyewa; Sawah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:34
Last Modified: 08 Dec 2021 10:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14331

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics