Pestisida nabati ekstrak daun gamal (gliricidia sepium jacq. kunth) terhadap ulat daun (spodoptera exigua hubner) tanaman bawang merah

Khumaira, Fuadella (2021) Pestisida nabati ekstrak daun gamal (gliricidia sepium jacq. kunth) terhadap ulat daun (spodoptera exigua hubner) tanaman bawang merah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708016030_Fuadella Khumaira_Lengkap] Text (Skripsi_1708016030_Fuadella Khumaira_Lengkap)
Skripsi_1708016030_Fuadella Khumaira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bawang merah merupakan komoditas unggul Kab. Brebes yang menyokong perkembangan ekonomi masyarakat. Tingginya serangan ulat daun (Spodoptera exigua Hubner) memicu petani menggunakan pestisida sintetik yang berdampak pada kesehatan manusia dan tidak ramah lingkungan. Daun Gamal (Gliricidia sepium Jacq. Kunth) memiliki potensi sebagai pestisida nabati yang efektif dan ramah lingkungan dalam pengendalian hama. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan jenis pakan ulat daun, efektivitas pestisida nabati ekstrak daun gamal terhadap mortalitas ulat daun, nilai mortalitas ulat daun dengan perbandingan konsentrasi larutan pestisida nabati yang berbeda dan konsentrasi larutan pestisida nabati yang optimal dan efisien untuk mortalitas ulat daun. Daun Gamal diperoleh dari Desa Mliwang, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan dan ulat daun diperoleh di lahan pertanian Kab. Brebes. Waktu penelitian dilakukan pada April-Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga konsentrasi perlakuan ekstrak daun gamal sebesar 0,01%; 0,03%; 0,05%, kontrol negatif (akuades+sabun), dan kontrol positif (Provathon) sebanyak tiga kali ulangan. Data dianalisis menggunakan analisis probit SPSS IBM versi 22 untuk memperoleh nilai LC50. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pakan yang berbeda terhadap ulat daun berpengaruh dalam pertumbuhan dan nafsu makan, perlakuan ekstrak daun gamal lebih efektif daripada pestisida sintetik, perlakuan ekstrak daun gamal dengan konsentrasi 0,05% merupakan perlakuan terbaik dengan mortalitas ulat daun sebesar 76,77%, perlakuan 0,03% dan 0,05% juga optimal dan efisien untuk mematikan ulat daun. Ekstrak daun gamal memiliki aktivitas LC50 sebesar 0,026% dan bersifat toksik terhadap ulat daun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bawang merah; Ekstrak daun gamal; Mortalitas, Ulat daun (Spodoptera exigua Hubner)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:02
Last Modified: 14 Dec 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics