Tabayun di media sosial menurut qs. Al-Hujurat ayat 6 : studi kasus pada akun facebook forum anti fitnah hasut dan hoax

Waziyadatunnisa, Waziyadatunnisa (2021) Tabayun di media sosial menurut qs. Al-Hujurat ayat 6 : studi kasus pada akun facebook forum anti fitnah hasut dan hoax. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026013_WAZIYADATUNNISA] Text (SKRIPSI_1704026013_WAZIYADATUNNISA)
1704026013_WAZIYADATUNNISA_Full Skripsi - Waziyadatun nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui living Quran tentang pesan tabayun terhadap informasi dalam konteks media sosial. Hal ini berdasar pada problematika sosial yang dialami masyarakat modern adalah banyak orang kecanduan dan ketergantungan terhadap kemajuan teknologi di bidang komunikasi. Selain untuk berkomunikasi, media sosial menjadi media untuk menyebarkan berbagai macam informasi, termasuk informasi hoaks. Agar dapat terhindar dari bahaya yang diakibatkan oleh hoaks, masyarakat dihimbau untuk bertabayun atau memeriksa kebenaran informasi yang didapat dari media sosial, hal ini disebutkan dalam surah al-Hujurat ayat 6. Tabayun sudah dilakukan pada masa Rasulullah Saw. dengan prinsip dasar yang sama. Namun, seiring perubahan zaman, proses dan ketentuan tabayun mengalami perubahan.
Untuk mengetahui nilai ideal moral tabayun dalam surah al-Hujurat ayat 6 agar dapat diterapkan dalam tabayun di media sosial, maka dilakukan penelitian ini. Proses pencarian nilai ideal moral menggunakan teori gerak ganda (double movement) oleh Fazlur Rahman, yaitu dengan melihat konteks sosial masyarakat Arab pada saat Alquran diturunkan. Metode yang digunakan adalah metode library research dengan beberapa analisis pengamatan di grup facebook “Forum Anti Fitnah Hasut Dan Hoaks (FAFH)” untuk melihat proses tabayun yang dilakukan masyarakat modern.
Diketahui hasil dari penelitian ini, bahwa surah al-Hujurat ayat 6 memiliki sebuah prinsip umum tabayun yaitu memeriksa setiap informasi yang didapatkan baik dari segi substansi maupun si pembawa informasi. Dalam implementasinya, klarifikasi berita yang dilakukan oleh grup facebook “Forum Anti Fitnah Hasut Dan Hoaks (FAFH)” sudah sesuai dengan ketentuan prinsip umum tabayun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tabayyun; Media sosial; Al-Hujurat ayat 6; Double Movement
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:06
Last Modified: 10 Dec 2021 09:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics