Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli ikan dengan pembulatan timbangan di tempat pelelangan ikan (TPI) Tasikagung Rembang

Rahmawati, Agustina (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli ikan dengan pembulatan timbangan di tempat pelelangan ikan (TPI) Tasikagung Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036146_Agustina_Rahmawati] Text (Skripsi_1502036146_Agustina_Rahmawati)
Skripsi_1502036146_Agustina_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli merupakan perwujudan dari hubungan antara sesama manusia sehari-hari, sebagaimana telah diketahui bahwa agama Islam mensyariatkan jual beli dengan baik tanpa ada unsur kesamaran, penipuan, riba dan sebagainya. Jual beli dilakukan atas dasar suka sama suka diantara kedua belah pihak, tolong-menolong atau saling membantu antara satu sama lainnya. Sebagai makhluk sosial manusia menerima dan memberikan andilnya kepada orang lain. Hidup bermuamalah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mencapai kemajuan dalam hidupnya. Jual beli merupakan salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan hidup, praktik jual beli yang ada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung Rembang dilakukan secara langsung dan transaksi dilakukan didasarkan pada adanya rasa saling percaya diantara kedua belah pihak yaitu konsumen dan pedagang namun setelah ditakar kembali ternyata beratnya kurang dari berat awal, hal ini disebabkan oleh media penimbangan dan wadah tempat penimbangan yang tidak akurat. Ketika masyarakat membeli dalam jumlah yang besar ada potensi terjadi kerugian, terlebih lagi ketika pedagang melakukan penimbangan tidak melihat wadah penimbangan apakah basah atau kering mereka langsung melakukan penimbangan.
Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalahnya adalah bagaimana praktik jual beli ikan dengan pembulatan timbangan di TPI Tasikagung Rembang? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli ikan dengan pembulatan timbangan di TPI Tasikagung Rembang?
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian normatif-empiris. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, Praktik jual beli ikan dengan pembulatan timbangan di TPI Tasikagung Rembang pada dasarnya akad yang digunakan sama dengan akad jual beli pada umumnya. Dalam praktik jual beli ini antara penjual dan pembeli melakukan komunikasi secara langsung tanpa perantara. Konsumen membeli seperti biasa transaksi dilakukan secara langsung dan transaksi dilakukan didasarkan pada adanya rasa saling percaya diantara kedua belah pihak yaitu konsumen dan pedagang namun setelah ditakar kembali ternyata beratnya kurang dari berat awal. Ketika masyarakat membeli dalam jumlah yang besar ada potensi terjadi kerugian. Kedua, Tinjauan hukum Islam praktik tersebut tidak diperbolehkan karena hanya menguntungkan pihak pedagang, adanya ketidak jelasan atau gharar dalam penimbangan ikan sehingga menjadi sebuah ketidak adilan bagi para pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Ikan; Pembulatan timbangan; Tempat Pelelangan Ikan (TPI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:50
Last Modified: 08 Dec 2021 10:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics